Penguatan Kontrol Diri Siswa dari Kecanduan Gadget di SMP Nusantara Indah
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1172Keywords:
Kecanduan Gadget, Kontrol Diri SiswaAbstract
Kecanduan internet pada remaja di Indonesia mencapai angka 42,4%. Angka ini tidak dapat dipandang sepele sebab penggunaan gadget pada remaja ini 70%nya digunakan untuk hal-hal negatif seperti cybercrime, cyberporn, dan game online. Kecanduan berakibat buruk yaitu mata menjadi kering, nyeri punggung dikarenakan terlalu lama duduk, kebersihan menjadi terabaikan dan pola tidur terganggu. Selain gangguan medis, kecanduan gadget juga mengakibatkan gangguan psikologis dan sosial seperti: penurunan daya ingat, euforia saat online, waktu berinternet berlebihan, menarik diri dari lingkungan sosial, merasa cemas dan depresi. Pada diagnosis awal, Siswa Kelas VII di SMP Nusantara Indah menunjukkan gejala kecanduan karena berlebihan dalam menggunakan gadget untuk ‘nge-game’ setelah pulang sekolah. Realitas tersebut yang mendorong dilaksanakannya Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dan pendampingan melalui diskusi dan sharing. Materi-materi dan pendampingan yang diberikan meliputi kecanduan gadget dan dampaknya, kasus-kasus kecanduan gadget yang dialami remaja, kontrol diri sebagai salah satu cara mengatasi kecanduan gadget, pentingnya membangun profil pelajar pancasila, dan menjadi remaja di era society 5.0 yang produktif. Setelah memberikan dalam penyuluhan dan melakukan pendampingan, diperoleh peningkatan pemahaman serta kontrol diri siswa dari semula sejumlah 18% menjadi 57%. Peningkatan tersebut memerlukan upaya berkelanjutan dari berbagai pihak sehingga dapat terus meningkat.
Downloads
References
Akin, A., Arslan, S., N., Uysal, R., Sahranc, U. 2015. Self-Control Management and Internet Addiction. International OnlineJournal of Educational Sciences, 2015, 7 (3), 95-100.
Amaliawati, Firza, dkk. 2023. Penerapan Teknik Self Control untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Gadget pada siswa SMP Negeri 17 Makasar. Pinisi Journal of Education. file:///C:/Users/user/Downloads/HIBAH%20LPPM%202024/1x%20Firza%20Amaliawati_1844042022_Jurnal%20Ilmiah%201.pdf
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.
Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Makarim, Nadiem Anwar. 2021. Kegiatan Pembelajaran untuk Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila. https://blog.kejarcita.id/kegiatan-pembelajaran-untuk-menumbuhkan-profil-pelajar-pancasila/ Diakses tanggal 10 Juni 2023)
Maulida, R., Sari, H., 2017. Kaitan Internet Addiction Dan Pola Tidur Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan 8.
Qurotianti, Aidilla. 2023. Tantangan Mahasiswa Milenial di Era Society 5.0. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. https://library.umy.ac.id/news/detail/556/Tantangan-Mahasiswa-Milenial-di-Era-Society-5.0
Rini, Mentari Kusuma dan Titih Huariah. 2020. Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 5 (1) hal 185 – 194
Sekretariat Yasatri. 2021. Pesan Untuk Remaja – Hindari Dampak Buruk Pemakaian Gadget Pada Kesehatan. https://yasatri.com/pesan-untuk-remaja-hindari-dampak-buruk-pemakaian-gadget-pada-kesehatan/
Setiawan, Ezra Addo. 2023. Kontrol Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan.Volume 2. Nomor 1 Halaman 84 – 91.
Wardhani, F. P. (2018). Student Gadget Addiction Behavior in the Perspective of Respectful Framework. Konselor, 7(3), 35-42, DOI: https://doi.org/10.24036/0201872100184- 0-00
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.