KETERAMPILAN BERCOCOK TANAM DENGAN METODE HIDROPONIK PADA SISWA TK MIZAN KOTA BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.113Keywords:
Bercocok Tanam, Hidroponik, Taman Kanak-kanakAbstract
Pelatihan keterampilan bercocok tanam dengan metode hidroponik dilaksanakan di TK Mizan Kota Baubau sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Siswa TK ini memiliki kebiasaan menjaga lingkungan dengan membersihkan halaman sekolah, membersihkan sampah dan merawat tanaman, namun menanam dan merawat tanaman dilakukan tidak maksimal sebab halaman sekolah sangat sempit. Alternatifnya adalah bercocok tanam dengan metode hidroponik, yaitu penanaman tanaman dengan media tanam non tanah, seperti menggunakan pasir kasar, kerikil, atau sabut kelapa. Pelatihan ini bertujuan menumbuhkan kepedulian lingkungan melalui metode hidroponik sejak anak usia dini. Agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, maka digunakan metode pendekatan pada siswa yaitu metode lesson study (LS), terdiri atas tahap yaitu: tahap perencaan dan persiapan (plan), tahap pelaksanaan (do), dan tahap evaluasi dan refleksi (see). Pelatihan ini diikuti oleh 12 Siswa terdiri atas 5 (lima) laki-laki dan 7 (tujuh) wanita. Hasil yang diperoleh adalah pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman siswa semakin bertambah dan meningkatkan melalui bercook tanam secara hidroponik. Melalui demonstrasi dan workshop serta praktek langsung, Siswa TK dapat melakukan sendiri pembuatan tempat dan media tanah, proses pembibitan, pencampuran nutrisi, penanaman. Pelatihan keterampilan bercocok tanam dengan metode hidroponik dapat menumbuhkan kepedulian lingkungan Siswa TK Mizan Kota Baubau. Keterampilan bercocok tanam dengan metode hidroponik memberikan pengalaman bagi anak TK yang dapat merangsang perkembangan kognitif, sikap dan moral serta menambah kecintaan dan rasa syukur kepada Allah SWT atas ciptaanNya.
Downloads
References
Lingga, Pinus, dan Prasojo Joko. 2005. Hidroponik Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Jakarta: Penebar Swadaya.
Malau, A.G., Yuliastrin, A., Simanjuntak, H., dan Gulo, E. 2022. SIMNAS Pengabdian kepada Masyarakat Universitas terbuka. LPPM-UT. Diakses tanggal 21 April 2022.
Mulasari, S.A. 2018. Penerapan Teknologi Tepat Guna (Penanam Hidroponik Menggunakan Media Tanam) Bagi Masyarakat Sosrowijayan Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 2. No. 3. ISSN: 2580-2569; e-ISSN: XXXX-XXXX.
Nasyi’ah, H.P., Andi,A.,Hasan, F. 2016. Pembelajaran PAUD Bertema Go Green dengan Penekatan Edutaining (Educating and Entertaining). Jurnal SEMAR Vol.5 No.1. ISSN 2302-3937.
Nurhikmahyanti, D., Ismawati, R., Sukarno, dan Haryati, A.S. 2019. Hidroponik Sebagai Laboratorium Pembelajaran Lingkungan Hidup Anak Usia Dini. Prosiding. UNIDAR.
Roidah, I.S. 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO. Vol. 1. No. 2.
Satya, T.M, Tejaningrum, A., dan Hanifah. 2017. Manajemen Usaha Budidaya Hidroponik. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 1(2), 53-57.
Tallei, T.E., Rumengan, I.F.M., dan Adam, A.A. 2017. Hidroponik Untuk Pemula. LPPM USRAT. Manado.