PENDAMPINGAN MASYARAKAT PESISIR BUNGATAN MELALUI KULINER CUMI UNTUK KEDAULATAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.111Keywords:
Masyarakat, Pesisir, Ekonomi, CumiAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah di Pesisir Pantai Bungatan Situbondo pada produk kuliner cumi-cumi dan prodak olahan hasil laut lainnya. Masyarakat pesisir Bungatanyang didentik sebagai masyarakat tertinggal bahkan komunitas ekonomi kelas penting melihat potensi dan semangat mereka menuju ekonomi kreatif untuk kedaulatan ekonomi masyarakat. Mekera mempunyai potensi besar disamping telah mengatahui ekosistem dan berpengalaman di tengah laut. Akan tetapi mereka tidak bisa membaca perubahan zaman, kami bersama tim mengedapak pendampingan dalam wujud pengabdian masyarakat untuk banyak memperkenalkan prodak kuliner laut cumi-cumi kepada masyarakat umum terlebih melalui media sosial dengan harapan omzet mereka bertmbah seiring dengan bertambahnya pelanggan serta produk yang terjual
Downloads
References
Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10 (1)(Pemasaran Produk):17–31.
Awali, H. dan Rohmah, F. 2020. “Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19.” Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 2 (1)(Ekonomi Marketing):1–14.
Bahtiar, R. A., dan Saragih, J. P. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm.” Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik 7(6)(Ekonomi UMKM):19–24.
Burhanuddin, C.I dan Abdi, M. N. 2020. “Krisis Ekonomi Global Dari Dampak Penyebaran Virus Corona (Covid-19).” Akmen Jurnal Ilmiah 17(1), 90-(ekonomi):90–98.
Fadly, H. D., & Sutama, S. 2020. “Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5 (2)(Ekonomi Online di tengah Pandemi):213–22.
Hanoatubun, S. 2020. “Dampak Covid–19 Terhadap Prekonomian Indonesia.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2 (1)(146–153).
Muntazori, A. F., & Listya, A. 2021. “Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal Melalui Desain Logo.” SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi 1(3)(Ekonomi UMKM):342–51.
Putri, Yatima dan. 2020. “Jurnal Ekonomi.” Ekonomi Pariwisata _.
Rosmadi, M. L. N. 2021. “Penerapan Strategi Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19.” IKRA-ITH EKONOMIKA 4 (1)(Strategi Bisnis):121–27.
Setiawati, S. D. 2019. “Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1).