PENGARUH METODE MENGAJAR DOSEN DAN PERILAKU BELAJAR MAHASISWA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.99Keywords:
Metode Mengajar, Minat Berwirausaha, Perilaku BelajarAbstract
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa berwirausaha masih rendah. Studi ini ingin membuktikan pengaruh metode mengajar dosen dan perilaku belajar mahasiswa pada minat berwirausaha. Diantaranya Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non eksperimen yang bersifat asosiatif. Populasi seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi dengan total 130 mahasiswa dengan sampel 57 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode mengajar dosen dan perilaku belajar mahasiswa terhadap minat berwirausaha mahasiswa kurang dari 50%.
Downloads
References
Aqmala, D., Putra, F. I. F. S., & Suseno, R. A. (2020). Faktor-faktor yang Membentuk Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 22(1), 60–70.
Fahmi, R., & Amanda, T. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 34–42.
Indriyani, L., & Margunani. (2018). Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 848–862.
Kemahasiswaan, T. K. dan P. D. P. dan. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi.
Marheny, P. A., Sudiana, I. W., & Suardika, A. A. K. A. (2022). Pengaruh Kompetensi Dosen Akuntansi, Metode Mengajar Dosen Akuntansi, dan Kecerdasan Intelektual Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Hindu Indonesia). Hita Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 1–11.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.
Nuryatin, A., & Mulyati, S. (2021). Analisis Perilaku Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 77–89. https://doi.org/10.25134/equi.v18i01
Palito, G., & Hidayatullah, D. S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Bisnis Angkatan Tahun 2015 Universitas Telkom). E-Proceeding of Management, 5(2), 1910–1916.
Purnama, D., & Nura, A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning dan Minat Belajar Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmu, Manajemen, Akuntansi, Dan Bisnis, 2(4), 83–104.
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Sosial Media terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(03), 203–216.
Sari, I. P., & Sartika, R. (2018). Pengaruh Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Menara Ekonomi, IV(2), 39–49.
Sitanggang, T. N., & Yasiin, F. N. (2021). Preferensi Metode Mengajar Dosen terhadap Sikap, Motivasi dan Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Prima Indonesia. Riset & Jurnal Akuntansi, 5(1), 140–151. https://doi.org/https://doi.org/10.33395/owner.v5i1.343
Sukandi, P. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha. Seminar Nasional Dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA) 8, 1–9.
Yuasa, P. (2020). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya SKRIPSI.
Yusuf, D. F. (2021). Pengaruh Jiwa Wirausaha, Akses Modal, Ekspektasi Pendapatan dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Kampung Kiringan Baru dan Kampung Candi Nambangan, Kota Magelang) SKRIPSI.