HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN PADA LOYALITAS KONSUMEN DI BUDIMAN SWALAYAN ULAK KARANG KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.985Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas KonsumenAbstract
Kepuasan pengunjung yang semakin meningkat tidak terlepas dari tingginya loyalitas pelanggan terhadap suatu tempat perbelanjaan. Penelitian ini berttujuan untuk mengetahui (1) pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen, (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Budiman Swalayan Ulak Karang Kota Padang. Jenis penelitian adalah kuantitatif, objek penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian di Budiman Swalayan Ulak Karang Kota Padang, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian di Budiman Swalayan Ulak Karang Kota Padang sebanyak 176 dengan 122 sampel menggunakan teknik accidental sampling. Alt ukur penelitian menggunakan kuesioner skala likert dan Analisa data menggunakan uji regresi linear berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Budiman Swalayan Ulak Karang Kota Padang dan ada pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Budiman Swalayan Ulak Karang Kota Padang.
Downloads
References
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta
Arita. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Syariah Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Swalayan Budiman Padang) BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN).
Andri Winata, Isnawan Ahlul F, (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Emersia Di Bandar Lampung, Manajemen Magister, 2 Bandar Lampung, 137
Anandar, Agustina, dan Purti. 2015. Pengaruh kualitas Pelayanan Jasa PDAM Tirta Kencana Kota SamarindaTerhadap Kepuasan Pelanggan di Wilayah Kelurahaan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang. Jurnal Administrasi Nrgara, ISSN 0000-00003, Vol, No.4, 2015:1103-1114.
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19
Dewi, R. R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening di Rawat Inap RSU Slamet Riyadi. Tesis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Dwi, I.K. (2012) ‘Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan. (Studi Bengkel AHASS 0002-Astra Motor Siliwangi Semarang)’, Jurnal Administrasi Bisnis., 1, pp. 37–45.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941
Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Airlangga
Irnandha, A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jalur Darat (studi kasus kepuasan pelanggan JNE cabang hijrah sagan Yogyakarta). Skripsi
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Krisnawati, N. and Mahmud, D. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Sepatu Bata Di Semarang)’, Program studi manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang [Preprint].
Martha, Lidya, and Dwi Putra Anugrah. 2023. “197-Article Text-427-1-10-20230207.” 3: 423–41.
Martha, Lidya, and Risky Jordan. 2022. “Pengaruh Tangible, Emphaty, Responsiveness, Assurance, Dan Reliability Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Bunda Padang.” JurnalI lmiah Multidisiplin 1(6): 1488–1503.
Mauludin, H. (2013). Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Meithiana Indrasari, (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan, (Surabaya: Unitomo Press), h. 58-61
Putra, I. K. A. M., Wimba, I. G. A., & Susanti, P. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV. Jaya Utama Teknik di Kabupaten Badung. Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1279–1291. https://eprints.umm.ac.id/79845/
Ratminto dan Atik Septi Winarsih, (2010). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal, cet.VII, (Yogyakarta, Pustaka Belajar), h.2
Suwandi, S. A., & Suroso, I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspress di Kantor Pos Bondowoso dan Situbondo. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Vol XIV: 68-88.
Sofjan Assauri, Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), 14.
Trisnadewi, P. A. D., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Kepuasan Konsumen Memediasi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Pada Florist Online di Denpasar. E-Journal Manajemen Unud, 6(4), 2076–2104. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/ 27970/18232
Tjiptono, Fandy, (2015). Strategi Pemasaran.Penerbit Andi Yogyakarta. h. 289-290.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset
Tomida, M., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 5, Nomer 7.
Wenas, R.S. (2018) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Aplikasi Gojek (Studi Pada Pengguna Layanan Go-Ride Di Kota Manado)’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), pp. 2778–2787.
Putri, S. R., Kartikowati, S., Syabrus, H., Studi, P., Ekonomi, P., & Riau, U. (n.d.). Analisis kepuasan pelanggan berbelanja di budiman swalayan kota padang. 1–11.
Tjiptono. (2012). Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPF.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.