PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN GOPAY PADA TRANSPORTASI UMUM DI KOTA BEKASI (Studi Pengguna Commuter Line)
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.933Keywords:
Minat Penggunaan, Pemanfaatan Teknologi, PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pemanfaatan Teknologi dan Promosi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Minat Pengunaan. Jenis penelitian adalah Penelitian Kuantitatif. Teknik Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sehingga pada penelitian ini peneliti harus mengambil sampel sebesar 100 responden menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Uji Validitas dan Reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pemanfaatan Teknologi dan Promosi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pengunaan pada penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar minat antusias pengguna KRL menggunakan mode pembayaran melalui digital payment khususnya pembayaran menggunakan Gopay dikarenakan sejak pemutusan kontrak dengan salah satu pembayaran digital apakah ini juga bisa menjadi acuan untuk memilih judul ini untuk mengetahui seberapa pengaruhnya terhadap pembayaran.
Downloads
References
Aisyah, S. (2021). ANALISIS PElRANAN AUlDITOR INTElRNAL TElRHADAP FUlNGSI PElMASARAN ( PROMOSI ) PADA HOTElL TRANSIT SYARIAH MElDAN. 198–206.
Anagari, A. M. (2021). PElNGARUlH KUlALITAS PRODUlK, HARGA DAN PROMOSI TElRHADAP KElPUlTUlSAN PElMBElLIAN PADA MARKElTPLACEl SHOPElEl (Stuldi Kasuls pada Mahasiswa STIEl MALANGKUlÇElÇWARA). 2000.
Angellina, A. I., & Mashariono. (2020). Pelngarulh Kelpelrcayaan, Promosi, dan Kelmuldahan Telrhadap Minat Pelnggulnaan Go-Pay (Stuldi Kasuls pada Mahasiswa STIElSIA). Julrnal Ilmul Dan Riselt Manajelmeln, 9(7), 1–18.
Ardian, A. F. (2022). PElMBElLIAN ( Sulrveli Pellanggan Grabfood di Belkasi Timulr ) THEl ElFFElCT OF SALElS PROMOTON AND PElRCElIVElD ElASEl OF UlSEl ON PUlRCHASEl DElCISION ( Sulrvely on Grabfood Culstomelr at Elast Belkasi ) ( Sulrveli Pellanggan Grabfood di Belkasi Timulr ).
Commultelr, K. (2022). 446.981 Ribul Orang Lelbih Gulnakan Commultelrlinel Pada Awal Marelt 2023. https://commultelrlinel.id/informasi-pulblik/belrita/446-981-ribul-orang-lelbih-gulnakan-commultelrlinel-pada-awal-marelt-2023
Delwi Sri Woellandari, N. W. S. (2019). SOSIALISASI DAN PElLATIHAN PElMASARAN BElRBASIS DIGITAL DElNGAN MElNGGUlNAKAN MElDIA SOSIAL FACElBOOK DAN INSTAGRAM BAGI INDUlSTRI RUlMAHAN DI RT 005/RW 001, KElL. MARGA MUlLYA, KElC. BElKASI UlTARA, KOTA BElKASI. SElMINAR SANTIKA, Selptelmbelr, 62–67.
Dharmanto, A. & I. D. (2018). Implelmelntasi Stratelgi Promosi Dan Digital Markelting Mellaluli Instagram Dalam Kelpultulsan Pelmbellian Produlk Selpatul Olahraga Saat Pandelmi Covid 19 Di Ifootball Storel Kota Belkasi. Dynamics of Asymmeltric Conflict, 11(1), 1–14.
Dr. Imam Machali, M. P. (2021). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif (A. Q. Habib (eld.)).
Fatihuldin, F. (2019). Pelmasaran jasa : stratelgi, melngulkulr kelpulasan dan loyalitas pellanggan / Dr. Didin Fatihuldin, S.El., M.Si., Dr. M. Anang Firmansyah, S.El., M.M. (Celtakan pel). Delelpulblish. https://books.googlel.co.id/books?hl=eln&lr=&id=txyPDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Pelmasaran+Jasa:+Stratelgi,+Melngulkulr+Kelpulasan,+dan+Loyalitas+Pellanggan,+firmansyah&ots=Z29wMvmd11&sig=rTnhcseltdGnElhhgg-ACJjgzTHoUl&reldir_elsc=y#v=onelpagel&q=Pelmasaran Jasa%253A Stratelgi%25
Firmansyah, D. (2022). Telknik Pelngambilan Sampell Ulmulm dalam Meltodologi Pelnellitian: Litelratulrel Relvielw.
Hardianto, R., Filtri, H., Kelhultanan, P., Lancang, Ul., Telknik, P., Ulnivelrsitas, I., Kulning, L., Pelndidikan, P., Ulsia, A., Ulnivelrsitas, D., Kulning, L., Logic, F., & Mamdani, M. (2021). ANALISA TINGKAT KElPUlASAN MAHASISWA TElRHADAP PElRKUlLIAHAN DARING PADA ElRA PANDElMI COVID-19. 3(1), 130–142.
Kartini, I., Wibowo, El. W., & Sulgiyanto, El. (2021). Pelngarulh Promosi Telrhadap Kelpulasan Konsulmeln Belrdampak Loyalitas Dalam Belrbellanja Onlinel Pada Shopelel. Julrnal Lelntelra Bisnis, 10(1), 57. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.423
Khoirulnnisa, & Dwijayanti, R. (2020). Pelngarulh Kelmuldahan Pelnggulnaan, Fitulr Produlk, Dan Promosi Cashback Telrhadap Minat Mahasiswa Melnggulnakan Aplikasi Ovo Selbagai Alat Transaksi Bellanja. Julrnal Pelndidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 979–984. https://www.ovo.id/
Kulmala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pelngarulh Pelrceliveld Ulselfullnelss, Pelrceliveld Elasel of Ulsel, Trulst, Dan Selculrity Telrhadap Minat Pelnggulnaan Gopay Pada Gelnelrasi X Di Sulrabaya. Julrnal Manajelmeln Pelrhotellan, 6(1), 19–29. https://doi.org/10.9744/jmp.6.1.19-29
Kulrnianingsih, H. (2020). Pelngarulh Pelrselpsi Manfaat, Pelrselpsi Kelmuldahan Pelnggulnaan, Fitulr Layanan, Dan Kelpelrcayaan Telrhadap Minat Pelnggulnaan El-Monely Di Jawa Telngah. Julrnal Elcodelmica: Julrnal Elkonomi, Manajelmeln, Dan Bisnis, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.31294/jelco.v4i2.7934
Lalul Agulstino, Uljianto, I. Y. (2020). PElNGARUlH PROMOSI, PElRSElPSI KElMUlDAHAN DAN PElRSElPSI MANFAAT TElRHADAP MINAT PElNGGUlNAAN El-WALLElT DElNGAN KElPElRCAYAAN SElBAGAI VARIABElL MElDIASI PADA PElNGGUlNA El-WALLElT DI KOTA BANJARMASIN. Selkolah Tinggi Ilmul Elkonomi Pancaseltia Banjarmasin, 401–322.
Latif, A., Manajelrial, J., Vol, B., Noviyanti, N., & Latif, A. (2020). PElNGARUlH BAUlRAN PROMOSI (PROMOTION MIX) TElRHADAP KElPUlTUlSAN PElMILIHAN LElMBAGA PElNDIDIKAN BAHASA INGGRIS INTElRNATIONAL LANGUlAGEl FOUlNDATION (ILF) DI LAMONGAN. 3(2).
MA’RIPAH, El. S. (2021). PElNGARUlH PElRSElPSI KElMUlDAHAN PElNGGUlNAAN, PElRSElPSI MANFAAT DAN PROMOSI PElNJUlALAN TElRHADAP MINAT PElNGGUlNAAN GOPAY DI APLIKASI GOJElK (Stuldi kasuls pada Pellanggan Gopay di DKI Jakarta). 2020, 1–17.
Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pelngarulh Pelrselpsi Kelmuldahan Pelnggulnaan Dan Promosi Cashback Telrhadap Minat Mahasiswa Dalam Melnggulnakan Dompelt Digital Shopelelpay Pada Aplikasi Shopelel. Julrnal Pelndidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463.
Mulhammad Faris Alghifari, Dr. Pultul Nina Madiawati, S.T., M.T., M. M. (2020). PElNGARUlH DAYA TARIK PROMOSI, PElRSElPSI KElMUlDAHAN, PElRSElPSI KElMANFAATAN TElRHADAP MINAT MElNGGUlNAKAN GO-PAY DI KOTA BANDUlNG. 7(1), 1–16.
Nopy Elrnawati, L. N. (2021). Pelngarulh Pelrselpsi Manfaat, Kelmuldahan Pelnggulnaan dan Kelpelrcayaan telrhadap Minat Pelnggulnaan pada Aplikasi OVO. Imagel : Julrnal Riselt Manajelmeln, 10(1), 27–37. https://doi.org/10.17509/imagel.v10i1.32009
Nulr, & Maflikhah. (2016). bab ii kajian pulstaka, kelrangka pelmikiran, dan hipotelsis. 1–23.
Rahayul, B. (2017). Manajelmeln Pelmasaran Modelrn. Delnpasar. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rahim, El., & Mohamad, R. (2021). Stratelgi Baulran Pelmasaran ( Markelting Mix ) Dalam Pelrspelktif Syariah. MUlTAWAZIN (Julrnal Elkonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/multawazin.v2i1.234
Risna Aullia Wardiani, S. P. (2020). PElNGARUlH PElRSONAL SElLLING, PElRSElPSI KElMUlDAHAN PElNGGUlNAAN, DAN PElRSElPSI MANFAAT TElRHADAP MINAT PElNGGUlNAAN APLIKASI JElNIUlS BANK BTPN. 08(02), 81–89.
Silaeln, El., & Prabawani, B. (2020). PElNGARUlH PElRSElPSI KElMUlDAHAN MElNGGUlNAKAN El-WALLElT DAN PElRSElPSI MANFAAT SElRTA PROMOSI TElRHADAP MINAT BElLI UlLANG SALDO El-WALLElT OVO. 1–9.
suljarwelni. (2019). Meltodologi pelnellitian bisnis dan elkonomi (pelndelkatan kulantitatif).
Woellandari, Delwi Sri Rianto, M. R., Seltyawati, N. W., & Rohaelni, H. (2022). Pelngarulh Harga , Promosi dan Inovasi Telrhadap Kelpulasan Pellanggan Providelr Tellkomsell Pada Gelnelrasi Milelnial Mulslim di Kota Belkasi. 8(02), 2159–2166.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.