PERAN INFLUENCER DALAM KONTEN MARKETING DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK MAYBELLINE
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.904Keywords:
Influencer, Keputusan Pembelian, Konten Marketing, Persepsi HargaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran influencer, konten marketing, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk Maybelline. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, menggunakan rumus slovin dengan sampel 98 responden berdasarkan kriteria yang pernah membeli produk Maybelline. Berdasarkan hasil penelitian, dalam uji parsial (T) variabel influencer tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 3.923 > 1.66088 (t tabel) dengan nilai signifikan 0.00 < 0.05. variabel konten marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 1.993 > 1.66088 (t tabel) dengan nilai signifikan 0.049 > 0.05. variabel persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 1.154 < 1.66088 (t tabel) dengan nilai signifikan 0.878 > 0.05. Selanjutnya dalam uji simultan (F) Variabel Influencer, Konten Marketing dan Persepsi Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai (f – hitung) 7.944 > 2.70 dengan nilai signifikan 0.00 < 0.05. Kemudian uji determinasi (R2) menghasilkan bahwa korelasi antar variabel Influencer (X1), Konten Marketing (X2) dan Persepsi Harga (X3) sebesar 49.8%.
Downloads
References
Afwan, M. T., & Santosa, S. B. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mebel Madina di Kota Banjarnegara). Diponegoro Journal of Management, 8(1), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Agustina, W., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla. Prologia, 5(2), 356. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10211
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102
Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Mirzan, M., & Bisri, H. (2022). Konten marketing instagram dan brand image pada minat penggunaan jasa perencana keuangan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 190–205.
Nadya Rizki Mirella, N., Nurlela, R., Erviana, H., & Herman Farrel, M. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi: Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian: Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 350–363. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.880
Nurijayanti, A., Sukamdiani, M., & Noor Citra Perdana, D. (2023). Pengaruh Review Produk, Konten Marketing dan Persepsi Harga pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Camille Beauty by Nadya Shavira. Jurnal Wirausaha Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–17. https://compas.co.id/article/masker-wajah-terlaris/
Pratiwi, C. S., & Sidi, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. Relasi : Jurnal Ekonomi, 18(1), 192–204. https://doi.org/10.31967/relasi.v18i1.531
Putra, Y. P., Purwanto, H., & Sulistiyowati, L. N. (2022). Kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. MBR (Management and Business Review), 6(1), 69–80. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6952
Rusilawati, E., Angkasa, C., Purwati, A. A., & Hamzah, M. L. (2022). Online Consumer Review , Keamanan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Disitus Jual Beli Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(2), 606–617.
Sandala, F. D., Tumbel, A. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kelompok Referensi, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Umkm Beenji Cafe Di Sario Kecamatan Sario. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 878–886.
Sanjaya, L. (2020). Analisis Pengaruh Content Marketing Pada Customer Value Dan Customer Engagement Serta Dampaknya Terhadap Repeat Purchase pada Pegipegi di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–12.
Saputri, A. D., Handayani, S., & DP, M. K. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pemberian Insentif terhadap Kinerja Karyawan PT Putra Karisma Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(1), 25–42. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i1.211
Sari, A. M., & Aslami, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Asuransi Syariah. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.47467/manageria.v2i1.870
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.