PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SUNSCREEN “MEREK AZARINE” (Pada Generasi Z Bekasi)
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.895Keywords:
Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Minat BeliAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial dari variabel bebas yaitu, Citra Merek, Harga, dan Kuallitas Produk, variabel terikat Minat Beli. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang dimana dalan penelitian ini menggunakan perhitungan Purposive Sampling dengan rumus Hair. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen dari produk sunscreen Azarine dengan sampel 170 responden. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dalam uji pasrsial (T) variabel Citra Merek memiliki pengaruh posiitif secara parsial terhadap Minat Beli dengan nilai 3.846 (t-hitung) > 1.974 (t-tabel) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Variabel Harga memiliki pengaruh positif terhadap Minat Beli dengan nilai (t-hitung) sebesar 5.019 > 1.974 (t-tabel) dengan nilai signifikansi 0.000 > 0.05 da variabel Kualitas Produk memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap Minat Beli dengan nilai 5.358 (t-hitung) > 1.947 (t-tabel) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Selanjutnya dalam uji simultan (f) Variabel Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif terhadap Variabel Minat Beli dengan nilai (f-hitung) sebesar 89.335 > 2.66 (f-tabel) dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Kemudian uji determinasi (R2) dihasilkan bahwa kolerasi antara tiga variabel variabel Citra Merek (X1), Harga (X2) dan Kualitas Produk (X3) terhadap Minat Beli (Y) sebesar 61.1%.
Downloads
References
Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). No Title (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Dr. M. Anang Firmansyah, SE, M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.
Gunawan, N. F. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Two Good Bakery. Jurnal Mitra Manajemen, 4(12), 1617–1634. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i12.491
Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Laptop Acer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 11–19. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.462
Mardian, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiomi Pada Duta Cell Bima. Manajemen Dewantara, 5(1), 78–92. https://doi.org/10.26460/md.v5i1.9651
Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen : Analisis Labelisasi Halal terhadap Kualitas Produk ( Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di Bekasi ). Jurnal Ilmu Multidisplin (JIM), 1(3), 554–570.
Prawira, B., & Yasa, N. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(12), 253856.
Racellita, R., & Megawati, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Terhadap Operator Kartu Seluler Tri (3) Di Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 78–91. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i1.1618
Saputra, H., Muhazirin, B., & Panjaitan, H. P. (2021). the Effect of Brand Image, Product Quality, Quality of Service, Price Perception and Place on Consumer Buying Interest in Sido Kangen Bakso Pekanbaru. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 48–61. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/index
Sari, P. S., & Salmah, N. N. A. (2020). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Baju Karate Merek Arawaza di Kota Palembang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 411. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.184
Stefanus. (2022). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Camera CCTV Protech terhadap Minat Beli Konsumen PT. Profestama Tehnik Cemerlang di Alam Sutera Tangerang Stefanus 1)* Nana Sutisna 2). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(2). https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1399%0Ahttps://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/download/1399/823
Untari, D. T., Satria, B., Khasanah, F. N., Perdhana, T. S., Sukreni, T., & Winarso, W. (2023). The effect of internal control of raw material inventory and production process planning towards the production process and business competitiveness in halal food based SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 71–76. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2022.11.009
Wifky Muharam & Euis Soliha, 2017. (2017). Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio, 2014, 755–762.
Winarso, W., Nursal, M. F., & Prasetyo, E. T. (2018). Analisis strategi penetapan harga produk usaha kecil dan menengah terhadap volume penjualan. Jurnal of Business and Entrepreneur, 2(1), 1–14.
Winarso, W., Sinaga, J., Syarief, F., Untari, D. T., Supardi, & Mulyadi. (2023). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA AND INNOVATION STRATEGY ON THE MARKETING PERFORMANCE OF SMALL AND MEDIUM SIZED ENTERPRISES (SMEs) IN BEKASI CITY, INDONESIA. International Journal of Professional Business Review, 8(5), 1–14. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i5.1688
Yurindera, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Citra Merek Serta Implikasinya Terhadap Minat Beli Motor Honda Beat Series. Jurnal Manajemen Bisnis, 25(1), 2022.
Zulviani, M., Akramiah, N., & Mufidah, E. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Tas “Sophie Martin Paris.” Jurnal EMA, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.47335/ema.v4i1.33
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.