PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN METODE PEMBAYARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Angkatan Tahun 2019-2020)
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.839Keywords:
Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Metode Pembayaran, PromosiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pemasaran yang awalnya dilakukan secara langsung kini telah berganti melalui online, hal ini disebabkan arus globalisasi yang sangat pesat dengan lahirnya era revolusi industri 4.0 telah mengubah cara hidup dan perilaku manusia terutama dalam kegiatan berbelanja dan bertransaksi secara online dengan menyuguhkan beragam metode pembayaran. Pada dasarnya orang berbelanja online tidak mengetahui barang tersebut secara langsung, sedangkan banyak promosi-promosi menggiurkan yang ditawarkan sehingga dapat mempengaruhi seseorang untuk memutuskan melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi, dan metode pembayaran terhadap keputusan pembelian konsumen.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif dengan jumlah populasi 579 dan sampel sebanyak 85 orang responden mahasiswa Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung angkatan tahun 2019-2022. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sumber data ini diperoleh dari data primer berupa angket dan data sekunder berupa literatur, jurnal, dan sumber-sumber yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan bantuan software SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, promosi, dan metode pembayaran secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil dari koefisien determinasi berpengaruh sebanyak 71,5% sisanya yaitu 28,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.
Downloads
References
Ardyan, E., & Gunawan, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mark.on.Id. Performa, 6(2), 104–113. https://doi.org/10.37715/jp.v6i2.2029
Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (B. Nasution (ed.); Pertama). PT. Inovasi Pratama Internasional.
Ariana, R. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Metode Pembayaran dan Lokasi terhadap Keputusan pembelian. 1–23.
Ariana, R. (2022). Pengaruh metode Pembayaran Credit Card dan Paypall Terhadap Keputusan Pembelian Homestay di Aplikasi AIRBNB. 7(4), 1–23.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.
Faradila, S. M., Kusnadi, E., & Soeliha, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Dengan Minat Beli Produk Fashion Muslim Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(2), 256–271.
Kartika, E.-. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i1.778
Mukarromah, D. S., & Rofiah, C. (2019). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.346
Nasution, U. A., Harahap, E., & Mulya Rafika. (2022). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Sistem Pembayaran COD Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB-ULB). Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 58–63. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1672
Novianti, L., & Sulivyo, L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Made in China Di Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Jurnal Cafetaria, 2(2), 15–27. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v2i2.354
Probosini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 445–458.
Putra, R. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Solo Raya Tahun 2022). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Mutiara Madani, 9(2), 72–83. https://jurnal.stienganjuk.ac.id/index.php/ojsmadani/article/view/130
Rahmi, A., & Yogia, M. A. (2019). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa ( Study Kasus Mahasiswa Fisipol Universitas Islam Riau ). Jurnal Valuta, 1(1), 149–172.
Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020a). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18.
Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020b). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–17.
Sugiono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (ke-20). Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Edisi 10). Alfabeta.
Sumarni, T., Wahyuningsi, S., Mufaro’ah, Dewi, E., & Roinah. (2021). Strategi Peningkatan Ekonomi Dengan Memanfaatkan Marketplace Melalui Media Internet (Y. D. Utari & Kurniati (eds.); Edisi Pert). Dotplus.
Syafitri, R., Rahmi Syahriza, & Nurul Inayah. (2022). Pengaruh Tagline Dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Berbelanja Online. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 1(2), 186–195. https://doi.org/10.56799/ekoma.v1i2.320
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.