PENGARUH KESADARAN MEREK DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI MIE LEMONILO DI KOTA BEKASI

Authors

  • Ayu Firdayanti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • M. Fadhli Nursal Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dewi Sri Wulandari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.838

Keywords:

Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, Minat Beli, Variasi Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan kesadaran merek (X1), variasi produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui minat beli (Z) mie lemonilo di kota Bekasi. Peneltian ini adalah kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 128 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kesadaran merek berpengaruh positif dan signifiakn terhadap minat beli (HI), variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (H2), kesadaran merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian(H3), variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian(H4) minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (H5), kesadaran merek terbukti memediasi kesadaran merek terhadap keputusan pembelian (H6), minat beli terbukti memediasi variasi produk terhadap kepiutusan pembelian (H7)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti, T., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Inovasi Produk, Kemasan, Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ice Cream Aice Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 270. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7333

Andrian. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 14–24. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430

Apriany, A., & Gendalasari, G. G. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), 105–114. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1278

Ardiyanto, lutfi dwiki. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek, Variasi Produk, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gitar Di New Xp Gallery Salatiga.

Baisyir, F. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen Hand Body Lotion. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(2), 191–201. https://doi.org/10.31846/jae.v9i2.381

Chusniartiningsih, E. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 2 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 7(1), 85–95.

Firdayanti, A. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Promosi Dan Endorsement. … Pendidikan Dan Ilmu …, 3(1), 301–313. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/865

Firmansyah, A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.

Giningroem, D. S. W. P. … Supriyanto, S. (2022). Peran Harga Dan Penawaran Cashback Terhadap Keputusan Pembelian Go-Food Dengan Menggunakan Pembayaran Digital Gopay. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 15(2), 175–186. https://doi.org/10.35508/jom.v15i2.6712

Hair, J. … Black, W. (2010). Multivariate Data Analysis.pdf. In Australia : Cengage: Vol. 7 edition (p. 758).

HANIF, J. A. F. M. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE MS GLOW DENGAN MINAT.

Jecky, J., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Prologia, 5(2), 307. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10199

Kotler, & Philip. (1998). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Prenhalindo (ed.); 2nd ed.). Hendro Teguh dan Ronny A. Rusli.

Lestari, & Novitaningtyas. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374

Martono, N. (2014). Metode Penltiian Kuantitatif.

Muhtarom, A. … Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47. https://www.fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/749

Munte, F., & Polewangi. (2022). Pengaruh Harga , Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Singkong Saat Pandemi COVID-19 Di UKM Cap Rumah Adat Minang Medan Cap Rumah Adat Minang Medan. Ilmiah Teknik Mesin Dan Industri (JITMI), 1(1), 53–68. https://doi.org/10.31289/jitmi.v1i1.1222

Ningsih, D. N., & Hidayat, C. W. (2017). Pengaruh Strategi Promosi Dan Social Media Terhadap Minat Beli. Journal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1), 1–6.

Prakasa, R., & Purwanto, H. (2022). Pengaruh Varian Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Coffe Shop Di Kota Madiun). September.

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25. https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.14849

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi Penelitian. Pustakabarupress.

Sulistyorini, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Variasi Produk, Kesesuaian Harga, Citramerekdan Kesadaran Merekdalamupaya Meningkatkan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Strada Coffee Semarang). 7, 1–11.

Sulthoni, Budi, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Di Mediasi Minat Beli Konsumen.

Wicaksoni, R. A. … Aprianto, moch siful. (2023). Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian indomie di semarang. 21(1), 423–432.

Yuniarto, H. … Panday, R. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Jalur Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Branded Matahari (Studi Kasus Pada Customer Base Online Shop Produk Matahari Harga Gudang). Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 1(2). https://doi.org/10.31599/jmu.v1i2.650

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Firdayanti, A., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). PENGARUH KESADARAN MEREK DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI MIE LEMONILO DI KOTA BEKASI. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2628–2643. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.838