PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEEFOOD

Authors

  • Annisa Chelintia Mayang Sari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Widi Winarso Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Haryudi Anas Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.837

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Persepsi Harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan (X1). Dan persepsi Harga (X2) terhadap Minat Beli di ShopeeFood. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode berjenis non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi yaitu mahasiswa prodi manajemen TA Ganjil 2022 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya berjumlah 1.678 orang. Dengan sampel sebanyak 95 responden dengan menggunakan rumus slovin. Menggunakan data primer yaitu penyebaran kuesioner dan data sekunder. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan memakai program olah data SPSS versi 26. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya H1: kualitas pelayanan (X1) berpengaruh terhadap minat beli (Y) di ShopeeFood. H2: Persepsi harga berpengaruh terhadap minat beli (Y) di ShopeeFood. H3: Kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh terhadap minat beli (Y) di ShopeeFood.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243

Amron, I. A. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Layanan Pesan-Antar Shopee Food (Studi Pada Pengguna Shopee Food Di Kota Semarang). Pengaruh Brand Duta Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian, 8(September), 56. Www.Jurnal.Unikal.Ac.Id/Index.Php/Jebi%0apengaruh

Anas, H. (2019). Analisis Persepsi Dan Sikap Konsumen Dalam Memprediksi Keinginan Membeli Private Brand Pada Hypermarket Carrefour Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (Jiam), 15(2), 16–27.

Chelintia Mayang Sari, A., Purbowati, D., & Fikri Fadlillah, F. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Promosi Iklan Tv Dan Media Sosial. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 175–190. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V3i1.864

Difa, N. A. Dan S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt Nirwana Gemilang Property. 3(2), 108–119.

Dirwan, D., Themba, O. S., & Latief, F. (2021). Aspect Purchasing Decisions At Consumers Lazada: Trust, Price, Tagline. Jurnal Economic Resource, 3(2), 86–93.

Dyah Kusumawati, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Millenia Di Jawa Tengah. Kaos Gl Dergisi, 8(75), 147–154. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jnc.2020.125798%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Smr.2020.02.002%0ahttp://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/810049%0ahttp://Doi.Wiley.Com/10.1002/Anie.197505391%0ahttp://Www.Sciencedirect.Com/Science/Article/Pii/B9780857090409500205%0ahttp:

Ermawati, E., Utami, R. P., & Pakawaru, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Nasi Kuning Puput Di Kayumalue. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 36–56. Https://Doi.Org/10.24239/Jiebi.V2i2.31.36-56

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. Http://Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Jirm/Article/View/2605

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(1), 175–182. Https://Doi.Org/10.36226/Jrmb.V4i1.251

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115. Https://Doi.Org/10.32493/Jpkpk.V2i2.2464

Munawar, M. H., Salim, M. A., & Slamet, A. R. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan Dan E-Promotion Minat Beli Konsumen Shopeefood (Study Kasus Mahasiswa Aktif Feb Unisma Angkatan 2018). E–Jurnalrisetmanajemen, 11, 53–64. Www.Fe.Unisma.Ac.Id

Najmi, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Pada Jasa Kontraktor Akarsana. Performa, 5(6), 483–492. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V5i6.1851

Prakarsa, S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Optic Sun’s. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 1. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.V5i1.10180

Rahayu, M. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Shopeefood Terhadap Minat Beli Dan Kepuasan Konsumen Di Kota Semarang.

Salsabila Kania Nikita, M. F. N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Small Street Coffe Rawalumbu Bekasi. Journal Of Economics And Business Ubs, 8(1), 1–17.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kantitatif Kualitatif Dan R&D (Ke-2). Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Manajemen (M. P. Setiyawami, Sh (Ed.); 1st Ed.). Alvabeta, Cv.

Umar Bakti, H., & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 18. Https://Mediakonsumen.Com/2018/05/14/Sur

Winarso, W., Nursal, M. F., & Prasetyo, E. T. (2018). Analisis Strategi Penetapan Harga Produk Usaha Kecil Dan Menengah Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Of Business And Entrepreneur, 2(1), 1–14.

Winarso, W., Sinaga, J., Syarief, F., Untari, D. T., Supardi, & Mulyadi. (2023). The Impact Of Social Media And Innovation Strategy On The Marketing Performance Of Small And Medium Sized Enterprises (Smes) In Bekasi City, Indonesia. International Journal Of Professional Business Review, 8(5), 1–14. Https://Doi.Org/10.26668/Businessreview/2023.V8i5.1688

Winarso, W., Supardi, S., Azizah, A., Kuswantinah, K., Su’aidy, S., & Untari, D. T. (2022). Optimization Of The Ahp Method In Determining The Location Of Touristdestinations On The Island Of Java, Indonesia. International Journal Of Professional Business Review, 7(3), 1–7. Https://Doi.Org/10.26668/Businessreview/2022.V7i3.440

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Sari, A. C. M., Winarso, W., & Anas, H. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEEFOOD. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2610–2627. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.837