ANALISIS MEDIA SOSIAL DALAM MENENTUKAN POSISI PRODUK SKIN CARE MENGGUNAKAN MODEL ONLINE SHARE OF VOICE (OSOV)
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.829Keywords:
Menentukan Posisi, Pemasaran, Strategi Pemasaran, Online Share of VoiceAbstract
aat ini produk skin care banyak dibicarakan di media sosial, hal tersebut disebabkan oleh pribadi konsumen khususnya wanita sering mencari tahu mengenai produk skin care melalui media sosial. Terdapat tiga brand produk skin care yang memiliki ulasan terbanyak di media sosial yaitu Garnier, Pond’s, dan Wardah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi produk skin care yang sering dibicarakan di media sosial. Dengan pengambilan data yang diperoleh melalui Awario dan Social Buzz. Metode analisis yang digunakan yaitu matematis dengan menggunakan model Online Share of Voice (OSOV). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk skin care Garnier adalah produk yang menempati posisi pertama dan sering dibicarakan di media sosial dengan perolehan hasil 42% melibatkan hasil positif dan negatif dengan skor bernilai 2.08. Posisi kedua ditempati oleh skin care Pond’s dengan hasil 30% melibatkan hasil positif dan negatif dengan skor bernilai 1.08. Kemudian posisi ketiga ditempati oleh skin care Wardah dengan hasil 28% melibatkan hasil positif dan negatif dengan skor bernilai 0.99.
Downloads
References
Armin, Farid, & Nurfidah. (2023). Pengaruh Media Sosial Facebook dan Whatsapp Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Karya Baru ( Study Kasus Di Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima ) Tahun 2022. Bussines Management, 2(1), 10–22. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Bisnis/article/view/4137
Ciptoris, F., & Wadhi, Y. P. H. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Positioning, Differentiation, Branding (PDB) Dalam Menentukan Keunggulan Kompetitif Destinasi Pariwisata (Studi Kasus Kawasan Ekowisata Wae Bobok). Journal of Management Small and Medium Enterprises (SME’S), 16(1), 1–3. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/jom.v16i1.8356
Crotty, M. (1998). The foundations of social research: meaning and perspective in the research process. Sage Publications.
Febiansyah, H., & Susilowati, R. (2023). Analisis Yuridis Sengketa Hak Merek Antara Ayam Geprey Bensu dan PT. Ayam Geprek Benny Sujono (Studi Kasus: Putusan No 57/PDT.SUS-MEREK/2019/PN NIAGA JKT.PST). Lex Veritatis, 2(57), 1–11. http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JournalMahasiswa/article/view/3223
Fitri, F. (2023). Pengaruh Segmentasi, Targeting dan Positioning Terhadap Volume Penjualan Mobil Mitsubishi pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Jurnal Ekonomika, 7(1), 194–202. https://doi.org/https://doi.org/10.37541/ekonomika.v7i1.841
Gasperz, V. (2013). All-in-one 150 Key Performance Indicators and Balanced Scorecard,Malcom Baldrige, Lean Six Sigma Supply Chain Management (Cetakan Pe). Tri-Al-Bros Publishing.
Khansa, S. D., & Putri, K. Y. S. (2022). Pengaruh Akun Media Sosial Instagram @whiteboardjournal Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pembaca. Jurnal InterAct, 10(2), 24–34. https://doi.org/10.25170/interact.v10i2.3149
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 1). Erlangga.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2006). Marketing Management (12th ed.). Person Education.
Kotler, Phlip, & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (Jilid). Erlangga.
Miharti, I. (2023). Membangun Brand Equity Bagi Organisasi Bisnis. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(3), 936–944. https://doi.org/https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.17955
Mutia, A. (2022). Makin Meroket, Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/05/makin-meroket-pendapatan-produk-kecantikan-dan-perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022
Novita, D., Astuti, L. S., Anggraini, F., & Lestari, P. (2020). Pengaruh Promosi Menggunakan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Be Glow Skincare. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 161–165. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/semnasristek.v4i1.2475
Oktarini, R. (2021). Implementasi Model Online Share of Voice (OSOV) Dalam Menentukan Positioning Produk Nestle (Dancow). Universitas Bahayangkara Jakarta Raya.
Oscar, B., & Megantara, H. C. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1), 1–12. www.kompas.com
Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen : Promosi , Harga Dan Produk ( Literatul Reviwe Perilaku Konsumen ). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 522–529. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5.988
Salam, K. N. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Harian Fajar di Makassar. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 15–35. https://advancesinresearch.id/index.php/AJEB/article/view/58
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif (F. Maharani (ed.)).
Shalihah, H. H., & Rubiyant, R. N. (2023). Analisis Pengaruh Green Marketing Terhadap Purchase Intention Produk Garnier Melalui B rand Image Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Konsumen Di Pulau Jawa Analysis Of The Effect Of Green Marketing Garnier Product Purchase Intention Through Brand Ima. 9(5), 3341–3347.
Siswono, T. Y. E. (2008). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Artikel Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Artikel Dosen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP). http://suaraguru.wordpress.com/
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.)). Alfabeta, CV.
Tumini, Hendra, J., & Ranjanis, S. (2021). Pengaruh Strategi STP ( Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Sepeda Motor Matic di Kota Probolinggo). Ecobuss, 9(2), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i2.842
Untari, D. T. (2019). Manajemen Pemasaran: Kasus Dalam Pengembangkan Pasar Wisata Kuliner Tradisional Betawi. Pena Persada Redaksi. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=y 3gDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=kenyamanan+ketertarikan+pengguna+gadget&ots=IHUE_Vx_PF&sig=9DIZN4ZYrAjbULRjkme7YKsoojA
Widi, S. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Dataindonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
Widiantari, N. K., Amir, F. L., & Praminatih, G. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Pada Era New Normal di Mano Beach House Restaurant Seminyak. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 02(2), 553–568. https://doi.org/https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.336
Yunsepa, Y., Saputra, J., & Coffee, M. (2023). Pengaruh Marketing Model Segmenting , Targeting Dan Positioning Terhadap Strategi Pemasaran Pada UMKM Kopi Mentari Di Baturaja. Management Studies and Enttrepreneurship (MSEJ), 4(January), 436–445. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1417
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.