PERAN DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI SEPATU VENTELA PADA GENERASI Z DI DESA TRIDAYA SAKTI
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.825Keywords:
Citra Merek, Desain Produk, Kualitas Produk, Minat BeliAbstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui secara stimultan dan parsial dari variabel bebas yaitu desain produk, kualitas produk dan citra merek, variabel terikat minat beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dimana penelitian ini menggunakan perhitungan Purposive Sampling dengan rumus hair. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sepatu ventela dengan sampel 144 responden. Berdasarkan hasil penelitian, dalam uji parsial (T) variabel Desain Produk memiliki pengaruh negatif terhadap Minat Beli dengan nilai 0.178 (t-hitung) < 1.655 (t-tabel) dengan nilai signifikan 0.859 > 0.05. Variabel Kualitas Produk memiliki pengaruh positif terhadap Minat Beli dengan nilai 5.532 (t-hitung) > 1.655 (t-tabel) dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 dan variabel Citra Merek memiliki pengaruh positif terhadap Minat Beli dengan nilai 4.173 (t-hitung) > 1.655 (t-tabel) dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Selanjutnya dalam uji stimultan (F) variabel Desain Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek secara stimultan berpengaruh positif terhadap variabel Minat Beli dengan nilai (f-hitung) sebesar 60.298 > 2.67 (f-tabel) dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. kemudian uji determinasi (R2) dihasilkan bahwa korelasi antara tiga variabel Desain Produk (X1), Kualitas Produk (X2) dan Citra Merek (X3) terhadap Minat Beli (Y) sebesar 55.4%.
Downloads
References
Adonis, M. R., & Silintowe, Y. B. R. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citramerek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. Jurnal CAPITAL, 4(1), 118–138.
Ahmad et al. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 25–31. http://www.topbrand-award.com
Angesti, N. K. D., Wahyuni, M. A., & Yasa, I. N. P. (2018). Pengaruh Presepsi Wajib Pajak UMKM atas Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Perpajakan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntasi) Universitas Ganesha, 9(1), 65–74.
Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Original Pada Pelanggan Sport Station Solo. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 178–189. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i2.2211
Bagus Prastyo, D., Rachma, N., & Khoirul ABS, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2018). 7–14. www.fe.unisma.ac.id
Fauzan, A., & Rohman, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(2), 104–113. https://doi.org/10.37932/j.e.v9i2.56
Hadita, H., Widjanarko, W., & Hafizah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemic Covid19. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3), 261–268. https://doi.org/10.31599/jki.v20i3.294
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Hananto, D. (2021). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk jersey sepeda di tangsel. Prosiding SEMNASLIT. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/11027
Kolter, P & Keller, K. L. (2007). Marketing Manajemen. 2(1), 10–21.
Marpaung, N. N. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepatu Ando (Studi Kasus Di Kota Bekasi 2020). Parameter, 5(2), 27–40. https://doi.org/10.37751/parameter.v5i2.147
Meiliani, N., & Ferdinand, T. (2015). Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain Produk, Daya Tarik Promosi, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Pembelian Konsumen. Diponegoro Journal of Management, 5, 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Mujid, A., & Andrian, A. (2021). Strategi Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Melanjutkan Sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 66. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.946
Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran. CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Reven, D., Ferdinand, T., & Manajemen, J. (2017). ANALISIS PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, HARGA KOMPETITIF, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management
Ryan Tio, P., Khasanah, I., & Manajemen, J. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Merek Vicious Colony Di Werehouse Store, Banjarmasin. Diponegoro Journal of Management, 5, 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Saputri, A. D., Mulyati, A., & Maruto, I. A. (2019). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Untag Surabaya, 1(1), 1–8.
SE,MM, A. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 14–24. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430
Sri Nurhasanah. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Studi Kasus Siswa SMK Yadika Jambi).
Steven, W., Purba, J. T., Budiono, S., & Adirinekso, G. P. (2021). How product quality, brand image and price perception impact on purchase decision of running shoes? Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 1289–1297.
Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustakabarupress.
Tanuli, M. G. (2021). Pengaruh Desain Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Generasi Z. Performa, 4(5), 688–699. https://doi.org/10.37715/jp.v4i5.1688
Tengor, G., Kawet, L., & Loindong, S. (2016). Pengaruh Merek, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Eben Haezar Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 367–375. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/13620/13206
Veelaert, L., Du Bois, E., Moons, I., & Karana, E. (2020). Experiential characterization of materials in product design: A literature review. Materials and Design, 190, 108543. https://doi.org/10.1016/j.matdes.2020.108543
Widyastutir, S., & Said, M. (2017). Consumer consideration in purchase decision of SPECS sports shoes product through brand image, product design and price perception. International Journal of Supply Chain Management, 6(4), 199–207.
Zainuddin, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Minat Beli Motor Matik. Sosio E-Kons, 10(3), 220. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i3.2902
Zulfiqry, M. (2021). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Flash Sale 12.12 Pada Market Place Shopee. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/11294/%0Ahttp://repository.unhas.ac.id/id/eprint/ 11294/2/A21116529_skripsi_19-11-2021 1-2.pdf
Zusrony, E. (2021). PERILAKU KONSUMEN DI ERA MODERN. Yayasan PAT.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.