PERAN CITRA MEREK KUALITAS PRODUK DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU PVN SHOES (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Julietha Lindasari Fortuna Natalia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Andrian Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.820

Keywords:

Citra Merek, Diskon, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian yang di lakukan ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial dari variabel bebas yaitu Citra Merek,Kualitas Produk dan Diskon, variabel terikat Keputusan Pembelian. Dalam penelitian yang di lakukan peneliti pada panelitian ini adalah metode Kuantitatif dimana perhitungan nya menggunakan purposive sampling dengan rumus hair. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen pvn Shoes di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dengan sampel 95 responden. Berdasrkan hasil penelitian dalam uji parsial (T) variabel Citra Merek memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 2,083 > 1,985 (t tabel) dengan signifikansi 0,003 < 0,05. Variabel kualitas produk berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung  4,292 >1,985 (t-tabel) dengan signifikansi 0,000< 0,05. Variabel diskon berpengaruh positif secara parsial dengan nilai t-hitung 3,367 > 1,985 (t-tabel) dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Selanjutnya dalam uji simultan (F) variabel Citra Merek,Kualitas Produk dan Diskon secara simultan berpengaruh positif terhadap variabel  Keputusan pembelian dengan  nilai (f-hitung) sebesar 65,973 > 2,70 (f tabel) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian uji determinasi (R2) dihasilkan bahwa korelasi antara tiga variabel Citra Merek (X1), Kualitas Produk (X2), Diskon (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 67,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alghifari yusuf, A., & rahayu muji septin, T. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 15(2).

Anggraini, T. R., Sosial, F. I., Politik, I., & Mulawarman, U. (2022). Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Emina ( Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman ). 5. Https://Doi.Org/10.25273/The

Ariella Rizqullah, I. (2018). Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. 3.

Besse Anna Wisudaningsi, Irvana Arofah, K. A. B. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. 103–117.

Budiyanto, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Supermaket Rungkut Surabaya. 03(01), 36–46.

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce Zalora Di Jakarta. Business Management Analysis Journal (Bmaj), 4(2), 80–98. Https://Doi.Org/10.24176/Bmaj.V4i2.6663

Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 689–705.

Gómez, M., Arturo, R., Collado, M., Leticia, M., Vijande, S., Victoria, M., & Collado, M. (2022). The role of novel instruments of brand communication and brand image in building consumers ’ brand preference and intention to visit wineries. Current Psychology. https://doi.org/10.1007/s12144-021-02656-w

Mohamad, R., Syariah, P., Mohamad, R., Rahim, E., Mix, M., & Mix, M. (n.d.). STRATEGI BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX ) DALAM. 15–26.

Musfar, F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Nofriyanti, A. R., Manajemen, M., & Brawijaya, U. (n.d.). Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Pengguna.

Sonata, I. (2019). Pengaruh Price Discount Dan in-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 46–53.

Sunyoto, D. (2022). Perilaku Konsumen (1st ed.). Eureka Media Aksara.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. 3, 11–18.

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Natalia, J. L. F., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). PERAN CITRA MEREK KUALITAS PRODUK DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU PVN SHOES (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2414–2428. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.820