PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG TAHUN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.813Keywords:
Kesiapan Berwirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, Sikap KewirausahaanAbstract
Penelitian ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pembaca khususnya mahasiswa tentang seberapa penting sikap kewirausahaan dan pengetahuan kewirausahaan dalam meningkatkan kesiapan berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha, mengetahui pengaruh pengetahua kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha, dan untuk mengetahui pengaruh sikap kewirausahaan dan pengetahuan kewirausaahn terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun 2022/2023. Berdasarkan metode penelitiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasi dengan pendekatan non-eksperimen. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel independen yakni Sikap Kewirausahaan (X1) dan Pengetahuan Kewirausahaan (X2), dan 1 (satu) variabel dependen yakni Kesiapan Berwirausaha (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 358 mahasiswa, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 mahasiswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling Random Sampling. Objek dalam penelitian ini adalah kesiapan berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner) yang digunakan untuk mencari data sikap kewirausahaan (X1), pengetahuan kewirausahaan (X2), dan kesiapan berwirausaha (Y). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) antara sikap kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,767 > 1,98761) dan signifikansi sebesar 0,007 < 0,05, sedangkan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha memiliki nilai thitung > ttabel (5,901 > 1,98761) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (23,550 > 3,10) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial sikap kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha, secara parsial pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha, dan secara simultan sikap kewirausahaan dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun 2022/2023. Nilai Adjusted R2 adalah 33,6% yang berarti bahwa variabel sikap kewirausahaan dan pengetahuan kewirausahaan memberikan sumbangan efektif terhadap variabel kesiapan berwirausaha sebesar 33,6%, dan sisanya sebesar 66,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Downloads
References
Apiatun, R., & Prajanti, S. D. W. (2019). Peran Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Pengalaman Prakerin Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 50229. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Badan Penerbit.
Isma, A., Rakib, M., Mufida, N., & Sholihah, M. (2015). Pengaruh Sikap dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Journal of Economics, Entrepreneurship, Management Business, and Accounting (JEEMBA), 1(1), 8–13.
Ma’rifah, N. N. (2019). Pengaruh Kebutuhan Berprestasi, Locus of Control Internal Dan Pengalaman Kewirausahaan Terhadap Sikap Kewirausahaan Pada Mahasiswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 55. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p55-70
Maharani, S. P., Nugraha, J., & Berwirausaha, K. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. 2(2), 96–114.
Prasetya, H.-, & Prasetya, H.-. (2021). Pengaruh Sikap Dan Pendidikan Kewirausahaan Pada Minat Berwirausaha. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 81–89. https://doi.org/10.36596/ekobis.v9i1.506
Rusdiana. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3).
Sari, K. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII MAN 2 Sarolangun. In Universitas Batanghari Jambi. Universitas Batanghari Jambi.
Statistik, B. P. (2022). Februari 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,83 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,89 juta rupiah per bulan. Badan Pusat Statistik.
Suryana. (2014). Kewirausahaan Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
Utami, R. D., & Denmar, D. (2020). Pengaruh Business Center, Sikap Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan iImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan iImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.