PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MARKETPLACE LAZADA
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.810Keywords:
Kualitas Produk, Lazada, Minat BeliAbstract
Bisnis e-comerce sangat berkembang pesat di Indonesia, penelitian ini menguji tentang pengaruh kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan terhadap minat beli konsumen marketplace Lazada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil Uji t menunjukkan bahwasanya secara parsial: (a) Kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan hasil Sig 0, > alpha 0,05 maka H02 diterima dan Ha2 ditolak. Artinya, variabel kualitas produk (X1) secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli konsumen di marketplace Lazada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi variabel kualitas produk (X1) menghasilkan perolehan jumlah skor tertinggi dan skor terendah masing-masing. Deskripsi variabel harga (X2) menghasilkan perolehan skor nilai tertinggi dan skor nilai terendah masing-masing. Deskripsi variabel Minat Beli Konsumen (Y) menghasilkan perolehan skor nilai tertinggi dan skor nilai terendah masing-masing. Hasil uji F menunjukkan bahwasanya kualitas produk dan harga secara simultan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsuman. Hasil Uji t menunjukkan bahwasanya secara parsial : (a) Kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
Downloads
References
Aptaguna dan Pitaloka. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa GO-JEK”, Widyakala Vol. 3, Maret 2016, Hal 49 – 56 (Diakses pada 7 Nopember 2022).Tersedia pada https://www.ojs.upj.ac.id/index.php/journal_widya/article/view/24/25
Bakti, U., 2022.Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung, Jurnal Ekonomi, Vol 22, No 1, Pebruari 2020 (Diakses pada 21 Nopember 2022). Tersedia pada https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/633
Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek OPPO di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA. 5(1). 61 – 75.
Dewi, C., dan Nuryati, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Minat Beli Konsumen di Rumah Makan Boga-Bogi Surakarta, Jurnal informatika Vol. 1 No. 2, Hal 53 – 64.(Diakses pada 13 Oktobwer 2022). Tersedia pada https://adoc.pub/queue/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-dan-minat-beli.html#
Ermawati, Utami,R.P., dan Pakkawaru, I., 2020. Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Nasi Kuning PUPUT di Kayumalue, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 2 No. 1. Hal 36 – 56. (Diakses pada 13 Oktober 2022). Tersedia pada https://jurnaljiebi.org/index.php/jiebi/article/view/31/24
Fakaubun, U. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas di Malang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Toko Sport Station Dinoyo di Malang). Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU). 4(2). 221 – 234.
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harfania,F., 2018. Pengaruh Promosi Penjualan, Experiental Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek Sa’i Yogyakarta). Jurnal JM FE Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 7, No. 6, hal 581 – 589. (Diakses pada 13 Oktober 2022). Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar_url?url=https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jmbi/article/download/13268/12821&hl=id&sa=X&ei=HTNIY5aGN5CXywSEy5u4Cw&scisig=AAGBfm3_R8ggzeoIAomrd3PfHkvPsuUNcw&oi=scholarr
Japarianto, E. dkk. 2020. Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variabel Pada E Commerce Shopee,, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14 No. 1, April 2020, Hal. 35 – 43. (Diakses pada Tanggal 21 Nopember 2022). Tersedia pada https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/22616
Kotler, P., Kartawijaya, H., 2021. Markering 5.0 Teknologi Untuk Kemanusiaan, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Kotler, P. and Keller, K.L. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kasma, U. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. 7(2). 104 – 115.
Mediakonsumen.com(2022), Seller dan Kurir Lazada Belum Mengirim Barang Retur Saya. (Diakses pada Tanggal 27 Nopember 2022), Tersedia pada:
Mulyana, A., 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Shao Kao Kertajaya Melalui Kepuasan Pelanggan, Jurnal Agora, Vol 7, No 2. (Diakses pada 13 Oktober 2022). Tersedia pada http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1242217&val=6509&title=PENGARUH%20KUALITAS%20PRODUK%20DAN%20KUALITAS%20PELAYANAN%20TERHADAP%20MINAT%20BELI%20ULANG%20PELANGGAN%20SHAO%20KAO%20KERTAJAYA%20MELALUI%20KEPUASAN%20PELANGGAN
MoneyDuck (4/112021), Dikutip pada Tanggal 4 Desember 2022, Tersedia pada https://moneyduck.com/id/articles/1274-penipu-lazada-kenali-ciri-ciri-dan-cara-mengantisipasinya/
Nurhayati, & Murti, W. (2012). Analis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Jurnal Value Added: Ekonomi dan Bisnis. 8(2). 47 – 62.
Priansah,D.J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta,
Rahma, I. L., Marpaung, N.N, dkk.2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pengguna Tokopedia, Jurnal Al-Misbah, Vol. 1 no 3, Halaman 330 – 337. (Diakses pada 21 Nopember 2022). Tersedia pada: http://jrnal.umika.ac.id/index.php/almisbah/article/view/311/319
Rahayu, S., 2021, Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia
Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Angkatan 2020 Universitas Mahakarya Asia PSDKU Baturaja, Jurnal MBIA, Vol. 20, No. 1, Hal 40 – 50. (Diakses pada 21 Nopember 2022). Tersedia pada:
https://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia/article/view/1271/696
Retnowulan, J. (2017), Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi, Jurnal Cakrawala, Vol. 17 No. 2, Diakses pada tanggal 25 Nopember 2022), Tersedia pada:
Susetyarsi, (2013) .Analisis Pengaruh Desain Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skuter Matik Yamaha Merek Mio Fino Di Kota Semarang, Jurnal STIE Semarang, Vol 5, NO. 1, Edisi Juni 2013 (ISSN : 2252 – 7826)
Sudrartono, T. dan kawan-kawan, 2022, Book Chapter Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Widina. (Diakses pada 15 Oktober 2022). Tersedia pada: https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/439378-manajemen-pemasaran-jasa-a5ce81ae.pdf
Salam, K., 2022 Book Chapter Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit Mirra Buana Media. (Diakses pada 15 Oktober 2022). Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/348602173_buku_Manajemen_Pemasaran_dan_Perilaku_Konsumen.
Sudirman, A, Ratnasari,K dkk, 2022. Manajemen Pemasasan Kontemporer (Book Chapter), Penerbit Widina, Bandung
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryati, L., 2022. Pengaruh Harga, Produk, dan Promosi Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada, Jurnal Ekuitas, Vol. 3, No. 3, Pebruari 2022, Hal. 380 – 385. ( Diakses pada Tanggal 21 Nopember 2022). Tersedia pada
http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/ekuitas/article/view/1222/845
Sirclo.com. (2020). Jumlah Pengguna E-Commerce Indonesia di Tahun 2020 Meningkat Pesat. [Diaksespada 15 Oktober 2021]. Tersedia pada:
https://www.sirclo.com/blog/jumlah-pengguna-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020- meningkat-pesat/.
Tiefani, & Saputra, A. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen Pada PT. Anugerah Avava Cemerlang Batam. Jurnal EMBA. 8(1). 2095 – 2105.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.