PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.716Keywords:
Media Sosial, Minat Berwirausaha, Pengetahuan KewirausahaanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasinya seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, sampel 81 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian secara parsial Media Sosial terhadap minat berwirausaha berpengaruh secara signifikan dengan hasil nilai thitung >ttabel yaitu 4,520 > 1,99085 dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha berpengaruh signifikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 5,214 > 1,99085. Secara simultan Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Minat Berwirausaha dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel yaitu 100,012 > 3,962. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,928 memiliki arti jika perubahan minat berwirausaha dipengaruhi oleh Media Sosial dan pengetahuan kewirausahaan sebesar 71,2% dan sisanya sebesar 28,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
Angri Aputra, Sukmawati, N. A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Pergaulan, dan Media Sosial, Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UKM Kewirausahaan Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia, 9(1).
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Fransiska Puspita Widiati, T. L. P. W. (2022). Pengaruh Media Sosial, Motivasi, dan Bisnis Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(10), 2003–2012.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23.
Indonesia, B. P. S. (2021). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2022. Badan Pusat Statistik, 11(84), 1–28.
Indriyani, I., & Subowo. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dna Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 18–23. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31493
Listiawati, M., & Indrawati, C. D. S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha di Mahasiswa FKIP UNS. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 25(1), 27–36.
Mulyadi, O., Dharma, R., Eliza, Y., & Putri, D. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Manajemen UPI YPTK Padang). Journal of Science Education and Management Business, 1(1), 38–47.
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246
Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statiska. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Alfabeta.
Satrionugroho, B., & Tomo, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha (Studi Kasus Di STMIK Sinar Nusantara Surakarta). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 87–93.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
Suratno, Kohar, F., Rosmiati, & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Media Sosial, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa/I Pada Smk Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 477–490. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i5.212
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.