PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI MARKETPLACE SHOPEE MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.671Keywords:
Keputusan Pembelian Online, Online Customer Rating, Online Customer ReviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Marketplace Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 79 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai thitung>ttabel yaitu 2,611>1,664, secara parsial Online Customer Rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai thitung<ttabel yaitu sebesar 8,981>1,664, secara simultan Online Customer Review dan Online Customer Rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai Fhitung>Ftabel yaitu 105,554>3,117. Nilai koefisien determinasi sebesar 72,8% memperlihatkan bahwa Online Customer Review dan Online Customer Rating mempengaruhi Keputusan Pembelian Online dan sisanya 27,2%.
Downloads
References
Anasrulloh, M., Sri W. H, M. A., & Nurhana, F. (2022). Pengaruh Persepsi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasca Pembelian Pengguna Aplikasi Online Shop. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(1), 7–15. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i1.859
Aradatin, S. A. Al, Muslim, B., & Meilina, R. (2017). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Angkatan 2017 UNP Kediri). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi (SENMEA), 757–767.
Ardianti, A. N. A. dan W. (n.d.). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Market Place Shopee. http://teknonisme.com
Auliya, Z. F., Rifqi, M., Umam, K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Customer Review (OTRs) dan Rating Kekuatan baru pada Pemasaran Online di Indonesia. 89–98.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Nainggolan, R., & Purba, E. (2019). Perbaikan Performa Cluster K-Means Menggunakan Sum Squared Error (Sse) Pada Analisis Online Customer Review Terhadap Produk Toko Online. Jurnal TIMES, VIII(2), 1–8.
Putri, O. M., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Purchase Decision Pada Konsumen Produk Wardah Melalui Marketplace Shopee. EProceedings …, 8(5), 6394–6403.
Siregar, A., Hasibuan, M. I., Amin, M., & Harahap, J. M. (2022). PENGARUH RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE ( STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS AL-WASHLIYAH. 5, 335–341. https://doi.org/10.37600/ekbi.v5i2.699
Syarifah, T., & Mastriani, E. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.