STRATEGI PEMASARAN ONLINE (DIGITAL MARKETING) GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS CUPANG DI SUMDE CUPANG TULUNGAGUNG

Authors

  • Whicka Gayuh Bagaskara Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.661

Keywords:

Pemasaran Online, Peningkatan Penjualan, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Online (Digital Marketing) Guna Meningkatkan Penjualan Ikan Hias Cupang di Sumde Cupang Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi pemasaran online yang dilakukan sumde cupang tulungagung adalah menggunakan media sosial melalui whatsaap, facebook, dan tiktok dengan memanfaatkan fitur live streaming tiktok. (2) Peran strategi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan ikan hias cupang yaitu sebesar 90% dengan rincian whatsaap sebesar 20%, facebook 10%, dan Tiktok sebesar 60% dengan rata-rata setiap hari ada 20 paket.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anasrulloh, Muhammad, Maria Agatha Sri, Kadeni, and Imam Sukwatus S. 2023. “Pendampingan Legalitas Usaha Umkm Untuk Meningkatkan Kredibilitas Masyarakat Desa Karanganom.” Journal of Entrepreneurship and Community Innovations (JECI) 1(2): 35–42.

Azhari, Sartika, and Irfan Ardiansah. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez) Sartika Azhari #1 , Irfan Ardiansah #2.” Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Vol. 10, N(1): 222–29.

Buchari, Achmad, and Eka Nurcahya. 2021. “Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada Era New Normal Di Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon.” Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat 2(1): 56.

Diandra, Didip, and Paidi W.S. 2022. “Peran Aplikasi Whatsapp Dalam Pemasaran: State of The Art.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani 4(2): 1–11.

Gunawan, Andi. 2019. THE BOOK OF DIGITAL MARKETING. Cetakan 1. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Gunawan, and Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Handika, Made Resta. 2018. “Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram by Kata Kunci : Media Sosial , Instagram Marketing , Influencer , Marketing Mix , Dan Cost . Keyword : Social Media , Instagram Marketing , Influencer , Marketing Mix .” 15(2): 192–203.

Moleong L. J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Edisi Rev. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

NAIMAH, RAHMATUL JANNATIN, MUHAMMAD WAHYU WARDHANA, RUDI HARYANTO, and AGUS PEBRIANTO. 2020. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2(2): 39.

Novita, Diana, and Nafisah Yuliani. 2020. “Tiktok Ads , Digital Marketing Baru Untuk Memperluas Pasar Dan Meningkatkan Value Merek Dagang (Studi Kasus: Ramadan 2020).” 6(9): 20–29.

Oktavianna, Rakhmawati et al. 2019. “Online Marketing Strategy in Improving Sales of Fish Cultivation in Jampang Village, Bogor [Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Penjualan Pembudidaya Ikan Di Desa Jampang, Bogor].” Proceeding of Community Development 2: 540.

Pratama, I Made Adi, and Gede Sri Darma. 2018. “Strategi Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing.” Jurnak Manajemen dan Bisnis 11(1): 69–81.

Rofifah, Dianah. 2020. “Pemanfaatan Media Facebook Dan WhatsApp Sebagai Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di UMKM GPS Sablon.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 12–26.

Saepul, Asep, Alam Maman, and Rustaman Andri. 2022. “Hias Di Hegarmanah Farm Ikan Hias Kabupaten Cianjur-Jawa Barat Strategy Analysis of Business Development of Ornamental Bett Fish At Hegarmanah Ornamental Fish Farm Cianjur District-West Java.” 01(01): 14–20.

Simanullang, Ceria, Desy Wulandari, Faisal Fadly Pulungan, and M Fahriyal. 2022. “Pemanfaatan Tik-Tok Untuk Berbisnis Online Pada Siswa / I Di SMAS Dharma Wanita Persatuan Pemprovsu.” 1(September): 21–26.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Syarif et al. 2022. “Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) 2(1): 54–66.

Taqiyya, Rahmah &, and Sugeng Riyanto. 2020. “Strategi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dan WhatsApp Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran Oleh Wafipreneur Di Masa Pandemi Covid-19.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2(10): 5–24.

Tuten, Tracy L, and Solomon. 2017. Social Media Marketing. California: SAGE Publications, Inc.

Umar, Husein. 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Cet ke 6. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wardani, Fatimah Sindi et al. 2021. “Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah Di Masa Pandem.” 5(1).

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Bagaskara, W. G., & Anasrulloh, M. (2023). STRATEGI PEMASARAN ONLINE (DIGITAL MARKETING) GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS CUPANG DI SUMDE CUPANG TULUNGAGUNG. JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1653–1665. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.661