PENGGUNAAN FINTECH PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA DI KALANGAN MAHASISWA UBP
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.619Keywords:
Fintech Payment, Mahasiswa FEB UBP, PengaruhAbstract
Fintech payment adalah sebuah sistem pembayaran yang menggunakan teknologi keuangan untuk memfasilitasi transaksi keuangan elektronik. Peneliti memilih judul ini karena fintech payment sekarang sudah banyak digunakan oleh mahasiswa dan banyak mahasiswa yang tertarik menggunakannya karena mendapat keuntungan tersendiri, maka dari itu penulis tertarik apakah ada pengaruh yang diberikan fintech payment terhadap perilaku konsumsi di kalangan mahasiswa FEB UBP khususnya anak Manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan fintech payment terhadap perilaku konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Buana Perjuangan Karawang. Metode yang digunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 85 responden. Instrument pengumpulan menggunakan data primer. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, dan realibilitas dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa fintech payment berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Tingkat signifikansi dari fintech payment memiliki nilai 0,881 > 0,70.
Downloads
References
Buku
Abdullah, M. (2015 Hal 246). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk: Ekonomi, Manajemen, Komunikasi, dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Abdullah, M. (2015 Hal 335). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Bungin, B. (2018 Hal 132). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Depok: Prenadamedia Group.
Komputer, T. L. (2017 Hal 12). Ragam Model Penelitian dan Pengelolaanya. Yogyakarta: Cv. Andi Offiset .
Kotler, P. (1994 Hal 184). Marketing . Jakarta: Erlangga.
OJK. (2017 Hal 35). Kajian Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan Perlindungan Konsumen Pada Fintech. Jakarta.
Priansa, D. J. (2013 Hal 83). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Priyono. (2016 Hal 66). Metedologi Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing. Rumondong, A. (2019 Hal 10). Fintech: Inovasi Sistem Keuangan di Era Digital. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Dari Skripsi
Amelia, S. (2019 Hal 13). Pengaruh Financial Technology Terhadap Sistem Pembayaran Di Indonesia. Medan.
Anwar, s. (2017 Hal 25). Perilaku Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas Mata Kuliah. Makasar.
Cyntia Triana Simanjuntak, H. D. (2020 Hal 116). Pengaruh Kampanye Go-Pay Day Food and Beverage terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna (Survei Pada Karyawan P.T Pionir Maxima Mutu Indonesia. Prologia Vol. 4, No. 1
Eltin, g. q. (2019 Hal 6). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Niat Berperilaku Dalam Mengadopsi Financial Technology (Fintech). Bandar Lampung.
Dalimunthe, M. i. (2019 Hal 25). Implementasi Fintech Terhadap Umkm Di Kota Medan Dengan Analisis SWOT. Medan.
Hanira. (2017 Hal 26). Pengaruh Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat Wahdah Islamiyah Makasar. Makassar.
Dari Internet
bi.go.id. (2016). Technology, Financial. Retrieved from bi.go.id. OJK. (2023, Mei 31). www.ojk.go.id. Retrieved from www.ojk.go.id.
Report, f. i. (2018). Fintechnews.sg.
FEBI at a Glance. (2023, Mei Rabu). Retrieved from Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: febi.uin-antasari.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.