MENARIK MINAT BELI KONSUMEN DENGAN DIGITAL MARKETING – UMKM KOREAN CAKE BATAM

Authors

  • Shofiy Shofiyah Universitas Internasional Batam
  • Aisyah Fitriana Universitas Internasional Batam
  • Tiara Maharani Universitas Internasional Batam
  • Inayah Alifia Fajar Universitas Internasional Batam
  • James Valentino Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.561

Keywords:

Pemasaran Digital, Teknologi, UMKM

Abstract

Bertujuan untuk menganalisis dampak strategi digital marketing yang telah diimplementasikan pada UKM melalui media sosial. UMKM ini adalah toko kue yang menjual berbagai macam kue dan beberapa kerajinan tangan seperti karangan bunga. Berdiri sejak 2015, menjual berbagai jenis kue ulang tahun dan kue pernikahan, cupcakes, desserts, serta garlic cheese bread. UMKM ini sudah memanfaatkan teknologi digital dengan baik, namun belum secara optimal, sehingga daya saing UMKM masih tergolong rendah. Dari 32 sample responden yang didapatkan, diketahui bahwa penerapan digital marketing memberikan dampak yang baik bagi UMKM, terlihat dari pertumbuhan jumlah followers pada akun media sosial dan peningkatan daya beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102

Ayu, I. D., Tantri, A., Martina, K., Putri, D., & Arya, I. P. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit. Jurnal Pendidikan …, 12(2), 263–275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/29305

Azizi, M., Umiyati, H., Nugroho, L., Utami, A. R., Sudirman, A., Aryani, L., Irwansyah, R., Purbowo, Mardiana, S., Witi, F. L., Pratiwi, C. P., Syahputra, Hanika, I. M., & Johassan, D. M. R. Y. (2020). Effective Digital Marketing. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

Edi Kurniawan, Nofriadi, D. M. (2021). Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk umkm. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 31–36.

Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154. https://doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Pramadyanto, M. R., & Irwansyah. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. Jurnal InterAct, 11(2), 121–134. https://doi.org/10.25170/interact.v11i2.3312

Putri, A., Hetami, A., Fourqoniah, Andriana, Andriyani, Salsabila, Muniro, T., Riandani, Muliyani, Yasshyka, Listiana, & Indah. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 828–839.

Rahmayani, M. W., Hernita, N., Gumilang, A., & Riyadi, W. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan Desa Cibodas. 14(1), 131–140.

Rahmayanie, A. M., Afiffah, A. V., Anggraini, I. D., Hermawan, H. D., Mukhlasin, L., & Kurniawan, D. (2022). Efektivitas Digital Marketing Sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Marketing di Konveksi BUMDes. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19186

Ramadhan, T. S. (2022). Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Eureka Media Aksara.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Sundari, S., & Lestari, H. D. (2022). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–99. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.23

Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Shofiyah, S., Fitriana, A., Maharani, T., Fajar, I. A., & Valentino, J. (2023). MENARIK MINAT BELI KONSUMEN DENGAN DIGITAL MARKETING – UMKM KOREAN CAKE BATAM. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1183–1192. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.561