PENGARUH LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DAN SIKAP MAHASISWA TERHADAP MINAT KARIR AKUNTAN: PERAN MEDIASI INTENSI PENINGKATAN PENGETAHUAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.392Keywords:
Karir Akuntan, Lingkungan Pembelajaran, Pengetahuan, SikapAbstract
Penelitian ini menguji dampak lingkungan pembelajaran dan sikap mahasiswa terhadap pemilihan karir di bidang akuntansi dengan intensi peningkatan pengetahuan kini sebagai variabel pemediasi. Untuk keperluan analisis data dan pengujian hipotesis studi ini memanfaatkan PLS-SEM (Partial Least Square - Structural Equation Modelling). Penelitian ini memanfaatkan google form untuk melaksanakan survey secara online. Survey dilaksanakan pada mahasiswa akuntansi sebuah universitas swasta di Kota Semarang, Jawa Tengah. Adapun tingkat respon sebesar 30%. Sebanyak 80 respon kuisioner dapat dimanfaatkan untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lingkungan pembelajaran dan sikap berpengaruh positif signifikan terhadap intensi meningkatkan pengetahuan. Sementara itu variabel lingkungan pembelajaran dan sikap berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat karir di bidang akuntansi. Variabel intensi meningkatkan pengetahuan terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap minat karir di bidang akuntansi. Peran mediasi intensi meningkatkan pengetahuan terbukti signifikan untuk pengaruh lingkungan pembelajaran terhadap minat karir di bidang akuntansi. Sementara itu peran mediasi intensi meningkatkan pengetahuan terbukti tidak signifikan secara statistik untuk pengaruh sikap terhadap minat karir di bidang akuntansi.
Downloads
References
Al-Htaybat, K., & von Alberti-Alhtaybat, L. (2017). Big Data and corporate reporting: impacts and paradoxes. Accounting, Auditing and Accountability Journal, 30(4), 850–873. https://doi.org/10.1108/AAAJ-07-2015-2139
CICPA. (2016). Overview of the Accountancy Profession in China. December 2016, 1–12.
Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2017). Advanced issues in partial least squares structural equation modeling. saGe publications.
Hatane, S. E., Setiono, F. J., Setiawan, F. F., Semuel, H., & Mangoting, Y. (2021). Learning environment, students’ attitude and intention to enhance current knowledge in the context of choosing accounting career. Journal of Applied Research in Higher Education, 13(1), 79–97. https://doi.org/10.1108/JARHE-06-2019-0156
Joshi, P. L. (2022). A Conceptual Framework For The Factors Influencing The Accounting Students Career Choice As Public Accountants. Journal of Accounting Finance and Auditing Studies (JAFAS), 1–29. https://doi.org/10.32602/jafas.2022.016
Law, P. K. (2010). A theory of reasoned action model of accounting students’ career choice in public accounting practices in the post-Enron. Journal of Applied Accounting Research, 11(1), 58–73. https://doi.org/10.1108/09675421011050036
Uyar, A., & Kuzey, C. (2011). Factors affecting student career choice di Turki. American Journal of Business Education, 4(10), 29–38.
Wen, L., Yang, H. (Chris), Bu, D., Diers, L., & Wang, H. (2018). Public accounting vs private accounting, career choice of accounting students in China. Journal of Accounting in Emerging Economies, 8(1), 124–140. https://doi.org/10.1108/JAEE-09-2016-0080
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.