ANALISIS BERPIKIR SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) PELAJARAN IPS MATERI PAJAK KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMPN 4 TULUNGAGUNG

Authors

  • Yuliana Ningsih UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.34

Keywords:

Auditory, Gaya Belajar, Berfikir, VAK

Abstract

Analisis Berpikir Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) Pelajaran IPS Materi Pajak Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 Di SMPN 4 Tulungagung. Teknik pengumpulan penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dengan model alir (Flow Model) oleh miles dan hubermen (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Dengan hasil penelitian bahwa proses berpikir siswa yang pertama ditinjau dari Gaya Belajar Visual dengan nilai angket (25) yakni memiliki jenis proses berpikir konseptual dan semi konseptual, berpikir siswa ditinjau dari Gaya Belajar Auditory dengan nilai angket (22) yakni memiliki jenis proses berpikir konseptual dan semi konseptual. Dan proses berpikir siswa ditinjaudari Gaya Belajar Kinesthetik dengan nilai angket (20) yakni memiliki jenis proses berpikir konseptual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anton Sujarwo. 2015. Pross Berpikir Siswa SMK Dengan Kecerdasan Linguistik, Matematika. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghufron, Nur Dan Rini Risnawati. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Gunawan, W. A. 2012. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.

Khalimi. 2011. Logika Teori Dan Aplikasi. Jakarta Selatan: Gaung Persada (GP) Press

Kuswana. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ngilawajan, Darma Andreas. 2013. Proses Berpikir Siswa Dalam Mememcahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dipendent. Jurnal Pedagogia Universitas Pattimura.

.

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Ningsih, Y. (2022). ANALISIS BERPIKIR SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) PELAJARAN IPS MATERI PAJAK KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMPN 4 TULUNGAGUNG . JURNAL ECONOMINA, 1(2), 152–158. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.34