ANALISIS BERPIKIR SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) PELAJARAN IPS MATERI PAJAK KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMPN 4 TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.34Keywords:
Auditory, Gaya Belajar, Berfikir, VAKAbstract
Analisis Berpikir Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) Pelajaran IPS Materi Pajak Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 Di SMPN 4 Tulungagung. Teknik pengumpulan penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dengan model alir (Flow Model) oleh miles dan hubermen (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Dengan hasil penelitian bahwa proses berpikir siswa yang pertama ditinjau dari Gaya Belajar Visual dengan nilai angket (25) yakni memiliki jenis proses berpikir konseptual dan semi konseptual, berpikir siswa ditinjau dari Gaya Belajar Auditory dengan nilai angket (22) yakni memiliki jenis proses berpikir konseptual dan semi konseptual. Dan proses berpikir siswa ditinjaudari Gaya Belajar Kinesthetik dengan nilai angket (20) yakni memiliki jenis proses berpikir konseptual.
Downloads
References
Anton Sujarwo. 2015. Pross Berpikir Siswa SMK Dengan Kecerdasan Linguistik, Matematika. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghufron, Nur Dan Rini Risnawati. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gunawan, W. A. 2012. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.
Khalimi. 2011. Logika Teori Dan Aplikasi. Jakarta Selatan: Gaung Persada (GP) Press
Kuswana. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ngilawajan, Darma Andreas. 2013. Proses Berpikir Siswa Dalam Mememcahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dipendent. Jurnal Pedagogia Universitas Pattimura.
.