ANALISIS BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ANTARA PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Produk Xiomi di Yogyakarta)

Authors

  • Dewi Triana Universitas Mahakarya Asia
  • Ruli Hidayat Universitas Mahakarya Asia

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.338

Keywords:

Brand Image, Harga, Keputusan Pembelian, Promosi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, promosi dan brand image sebagai variabel mediasi terhadap keputusan pembelian produk handphone pada mahasiswa pengguna produk Xiaomi di Yogyakarta.

Metode penelitian menggunakan data kuntitatif dimana peneliti berusaha untuk menemukan pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari tiap variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis)

Kesimpulan bahwa harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Xiaomi pada mahasiswa di Yogyakarta, akan tetapi harga berpengaruh signifikan terhadap brand image, sedangkan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Xiaomi pada mahasiswa di Yogyakarta, akan teapi promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap brand image handphone Xiaomi bagi mahasiswa di Yogyakarta. Sementara brand image berpengaruh signifikan terhadap keputudan pembelian handphone Xiaomi pada mahasiswa di Yogyakarta. Sedangkan harga dan promosi secara langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui brand image handphone Xiaomi pada mahasiswa di Yogyalarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2013. Marketing Management, 14th Edition. Pearson Education Limited.

Kotler, Philip dan Lane Keller. 2016. A Framework of Marketing Management, Sixth Edition, Pearson Education Limited, England

Paul, Peter. J dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behaviour: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 1 dan Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Philip Thomas Udo-Imeh, 2015. Influence of lifestyle on the buying behaviour of undergraduate students In universities in cross river state, nigeria. Journals Internasional.

Plummer, R. 1983. Life Span Development Psychology: Personality and Socialization. Academic Press. New York.

Singgih Santoso. 2000. Latihan SPSS Statistik Parmetik. Gramedia, Jakarta.

Sita Budiastari, 2016. The influence of product quality, price Perception and brand image on satisfaction and Customer loyalty holcim concrete readymix in Jakarta. Journals Internasional.

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. ALFABET

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Ke-25, Alfabeta, Bandung.

Sukmadinana, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Yogyakarta: Cetakan Pertama.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Winardi, Dodi. 2008. Pengantar Manajemen Penjualan. Bandung: PT Citra Aditia Bakri.

Aaker, David A. dan Alexander L. Biel. 2009. Brand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates. Inc., Hillsdale.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro

Ausauri, Sofjan, 2007. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basu Swastha, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 2. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Basu Swastha dan Irawan. 2005. Strategi Marketing. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Bernard T. Widjaja. 2009. Lifestyle Marketing Servlist: Paradigma Baru Pemasaran Bisnis Jasa Dan Lifestyle. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Bob Foster. 2012. Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company: Economics Faculty of University informatics and Business of Indonesia. Journals Internasional. ARJHSS

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga

Daryanto. 2011. Manajemen Pemsaran. Bandung. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Freddy Rangkuti, 2002. The Power Of Brand Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi-Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi-Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Yogyakarta. Universitas Diponegoro

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno Zein. Jakarta: Erlangga.

Kolter dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat Widjaja

Kotler, Philip. 2012. Marketing Manajemen Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing, 15th Edition. Pearson Education Limited.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing, 12th Edition. Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing.15th Edition. Pearson.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Edisi13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2018. Principles of Marketing, Seventeenth Edition, Pearson Education Limited, United Kingdom.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Indeks-Prentice Hall

Irawan Putra Dani, Dani (2014) Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Matahari Department Store Yogyakarta. thesis, Fakultas Ekonomi.

Purnamasari, S. & Murwatiningsih (2015). Brand Image Sebagai Mediasi Pengaruh Promosi, Harga, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Nyonya Meneer Di Semarang. Manajemen Analysis Journal. Vol 4 No 3

Saraswati, A. R., & Rahyuda, R. (2017). Brand Image Memediasi Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Smartphone Apple Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen. ISSN : 2302-8912

Adi dkk (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Management. ISSN : 2502-7689

Nurhayati, Siti (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. JBMA. ISSN : 2252-5483

Cahyono, Edi (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA. ISSN : 2252-5383

Wicaksana, B. G. H., & Zuliestiana, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Paradigma. ISSN : 1693-0827

Rahmat, Hufron (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Produk, Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi. Jurnal Riset Manajemen

Aan dkk (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Brand image, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus. Jurnal Riset Manajemen

Melonda, Joyce & Yunita (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai-Gerai Selluler Di IT Center Manado. Jurnal EMBA. ISSN : 2303-1174

Armayani, A. & Jatra I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen. ISSN : 2302-8912

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Triana, D., & Hidayat, R. (2023). ANALISIS BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ANTARA PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Produk Xiomi di Yogyakarta). JURNAL ECONOMINA, 2(2), 586–601. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.338