PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MELALUI SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.31Keywords:
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Kesiapan Menjadi Guru, Self Efficacy, Variabel InterveningAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada mahasiswa Universitas Bhinneka PGRI melalui Self Efficacy sebagai variabel intervening. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan korelasional. Populasi pada penelitian ini mahasiswa semester delapan fakultas Sosial Humaniora berjumlah 170 mahasiswa. Total sampel sebanyak 85 mahasiswa, dengan teknik disproportinate stratified random sampling. Teknik pengumpulan dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis menggunakan Path Analiysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLP berpengaruh secara signifikan terhadap Self Efficacy. PLP tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Self Efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. PLP berpengaruh secara tidak langsung terhadap Kesiapan Menjadi Guru melalui Self Efficacy sebagai variabel intervening. Diharapkan dosen pembimbing lapangan dapat melakukan koordinasi dengan mahasiswa sehingga mengetahui permasalahan dan mencari solusi guna membangun kepercayaan diri mahasiswa bahwa ia mampu untuk menjadi seorang guru dengan pengalaman praktek mengajar yang telah dilalui.
Downloads
References
Agusti, I. S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Prestasi Akademik Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Stambuk 2016 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Niagawan, 9(1), 65. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i1.17657
Maipita, I., & Mutiara, T. (2018). Pengaruh minat menjadi guru dan praktik program pengalaman lapangan (PPL) terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 6(6), 34–43. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ekodik/article/view/10777
Minarni, M. (2020). Efikasi Diri Guru. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 121–130. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.33
Mukhid. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. CV. Jakad Media Publishing.
Pratama, B. R., Lutfiyani, N., & Nugrahaini, I. (2015). Pengaruh Prestasi PPL, Penguasaan Kompetensi Profesional, dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi yang Profesional. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1), 11–17.
Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1). https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304
Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Kencana.
Seta, A., & Wicaksana, dkk. (2021). No Title. Dp Publishing.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. C.V Alfabeta.
Wafa, M. A., & Kusmuriyanto. (2020). Peran Praktik Pengalaman Lapangan dalam Memediasi Pengaruh Self Efficacy dan Penguasaan MKDK terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 584–600. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.39466