PENGARUH HARGA DAN ATMOSFER TOKO TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CAHAYA MAS STORE KAMULAN, TRENGGALEK

Authors

  • Rohmatunnadiroh Nadiroh Universitas Bhineka PGRI tulungagung
  • Imam Sukwatus Suja'i Universitas Bhineka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.29

Keywords:

Harga, Atmosfer Toko, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dunia bisnis,terutama pada persaingan bisnis ritel. Ketatnya bisnis ritel  disebabkan banyaknya usaha ritel yang tumbuh karena daya konsumsi masyarakat semakin meningkat. Dalam hal ini perusahaan perlu menerapkan strategi dalam membangun loyalitas pelanggan dengan memaksimalkan pada pengaturan Harga dan Atmosfer toko.  Harga dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Pengaruh harga sangat besar terhadap ketertarikan konsumen untuk melakukan pembelian. Selain harga,atmosfer toko juga bisa mempengaruhi ketertarikan konsumen untuk melakukan pembelian. Desain atmosfer toko yang baik dapat menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan sehingga mempengaruhi emosi konsumen serta mempengaruhi perilaku  konsumen untuk melakukan pembelian dan terciptalah loyalitas pelanggan pada sebuah toko.

Penelitian ini dapat memberikan wawasan kepada pembaca khususnya pemilik usaha ritel tentang seberapa berpengaruhnya harga dan atmosfer toko terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan di Cahaya Mas Store Kamulan,Trenggalek 2. Mengetahui pengaruh Atsmosfir toko Terhadap loyalitas pelanggan di Cahaya Mas Store Kamulan, Trenggalek 3. Mengetahui pengaruh harga dan atsmosfir toko terhadap loyalitas pelanggan di Cahaya Mas store Kamulan,Trenggalek. Berdasarkan metode penelitiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasi dengan pendekatan non-eksperiment. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel independen yaitu Harga (X1) dan Atmosfer toko (X2) dan terdapat 1 variabel dependen yaitu Loyalitas pelanggan (Y). Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Cahaya Mas Store Kamulan,Trenggalek dengan jumlah 1.630, sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 94. Sampel diambil dengan tehnik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Objek pada penelitian ini yaitu Toko Cahaya mas store yang ada di desa kamulan,Kec. Durenan ,Kab.trenggalek. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner) yang digunakan untuk mencari data harga(X1),atmosfer  toko(X2), dan loyalitas pelanggan (Y). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukan nilai sig. t < alpha yaitu sebesar 0,000 < 0, 05 dan thitung>ttabel yaitu sebesar 5,747 >1.98638 artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga (X1) terhadap loyalitas pelanggan (Y) Cahaya Mas Store Kamulan, Trenggalek. lalu nilai sig. t < alpha yaitu sebesar 0,000 < 0, 05 dan thitung> ttabel yaitu sebesar 4,939 >1.98638 yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Atmosfer toko (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) Cahaya Mas Store Kamulan, Trenggalek. Dan secara simultan  terdapat pengaruh Harga dan atmosfer toko terhadap lyalitas pelanggan Cahaya Mas Store Kamulan,Trenggalek dengan nilai Fhitung (299,327) > Ftabel (3,97) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Nilai adjusted R2 adalah 0,864 atau sebesar 86,4%, Hal ini menunjukkan bahwa 86,4% perubahan pada variabel Y dipengaruhi oleh perubahan variabel X1 dan X2. Sedangkan sisanya 13,6% (100% - 86,4%) dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel X1 dan X2 yang mempengaruhi loyalitas pelanggan tidak dikaji dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi pemasaran. Cv Pustaka Setia.

Churrohmah, M., & Juma’i, A. M. (n.d.). Pengaruh Atmosfer Toko dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Mifta Churrohmah 1) , A.M. Juma’i 2) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. hani. (2016). Manajemen pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFE.

Fadli, M. D., & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Shopee. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8(5), 2013–2015.

Feriyanto, W. (2022). Pengaruh Brand Image , Islamic Store Atmosphere Dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Minat Beli Ulang Sebagai Variabel Intervening. Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 7, 25–54.

Gunawan, C. B., & Syahputra, S. (2020). Analisis perbandingan pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan coffee shop di Bandung. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 51–62. https://doi.org/10.28932/jmm.v20i1.2935

Ivo, O. A., Welsa, H., & Cahyani, P. D. (2021). Pengaruh Sale Promotion dan Store Atmosphere terhadap Impulsive Buying dengan Positive Emotion sebagai Variable Intervening pada Konsumen Matahari Department Store Yogyakarta. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3), 756–771. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i3.724

Khusnia, R., M.Hufron, & Primanto, A. budi. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Lifestyle, dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan My Kopi-O Indonesian Bistro Kota Malang) Oleh. E – Jurnal Riset Manajemen, 157–170.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip - prinsip Pemasaran. Erlangga.

Lidya, V., Pasaribu, D., & Pamulang, U. (2018). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran De ’ Cost Giant Pamulang Square Tangerang Selatan. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 3(5).

Makarueh, J., Rohaetin, S., & Erang, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café About Something Palangka Raya. Edunomics Journal, 3(1), 17–21. https://doi.org/10.37304/ej.v3i1.3998

Mansur, H. (2022). Atribut Produk Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan ( studi pada Gorontalo Post ) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) Al-Washliyah Sibolga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) Al-Washliyah Sibolga. 5(1), 725–740.

Novi, B., & Usman. (2021). Penetapan Harga Jual dalam Meningkatkan keputusan Konsumen terhadap keputuan Pembelian Blantianus. Journal Business Economics and Entrepreneurship, 1(2), 1–8. http://jurnal.shantibhuana.ac.id/jurnal/index.php/bee

Pada, S., & Di, P. A. (2021). Pengaruh Merchandising, Atmosfir Toko Dan Promosi Terhadap Impulse Buying (Studi pada Pelanggan Alfa-Mart Di Denpasar). Jurnal EMAS, 2, 82–88.

Rachman, T. (2021). Pengaruh Lingkungan Toko terhadap Keadaan Emosional Dan Pembelian Impulsif Konsumen (Studi pada Pengunjung Ramayana di Sleman City Hall Yogyakarta) The Influence Of The Store Environment On The Emotional State And Impulsive Purchasing Of Consumers (Study . Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Sari, M., Kapuy, H. R., Manajemen, P. S., Maroso, U. S., Experience, C., & Pembelian, K. (2021). Pengaruh Interior Display Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Butterfly. 21(1), 39–46.

Shervina, Z., M, A., & Haryati, R. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Sjs Plaza Padang . Jurnal Matua, 4, 53–56.

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Nadiroh, R., & Suja’i, I. S. (2022). PENGARUH HARGA DAN ATMOSFER TOKO TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CAHAYA MAS STORE KAMULAN, TRENGGALEK. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 130–139. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.29