MODEL PENGENDALIAN KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) BERKELANJUTAN DALAM PEMBENTUKAN KAREKTER SOCIOPRENUER
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.150Keywords:
Corporate Social Responbility (CSR), Pengendalian, Karakter SocioprenuerAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui model evaluasi perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi program CSR Sehingga dapat mempunyai program yang berkelanjutan dalam pelaksanaan program CSR dan aktifitas mitra penerima CSR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan studi evaluasi menggunakan model pengendalian CIPP. Model ini dipilih karena dengan model evaluasi tersebut sebuah program pemberdayaan masyarakat mampu diketahui secara holistik atau menyeluruh. Model ini melihat pada empat tahapan aspek yaitu konsep, input, proses, dan produk. Melalui penegndalian yang menyeluruh akan dapat dikeyahui kekurangan serta kelebihan dari sebuah program tersebut untuk sasaran dan program untuk kemitraan. Sehingga melalui penelitian ini penulis dapat memberikan rekomendasi mengenai program CSR dan mampu memberikan saran untuk berjalannya program yang berkelanjutan.
Downloads
References
BPS Yogyakarta, 2016. Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka. U.D. Sinar Baru Offset, Yogyakarta
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research inPsychology,3(2),p.77101.Retrievedfromhttp://eprints.uwe.ac.uk/11735/2/thematic_analysi _revised_- _final.pdf
Darodjat, D. dan M, W. (2015) “Model Evaluasi Program,” Islamadina, Volume XIV (1), hal. 1–28.
D. L. Stufflebeam and G. Zhang, the CIPP evaluation model: How to evaluate for improvement and accountability. Guilford Publications, 2017
Donaldson, Thomas. dan Lee E. Preston, “The Stakeholder Theory of The Corporation: Concepts, Evidence, and Implication”, The Academy of Management Review, Vol. 20, No. 1, 1995
Frynas, JG. 2009. Beyond Corporate Social Responsibility, Oil Multinationals and Social Challenges. Cambridge: Cambridge University Press.
Frynas, JG. 2009. Beyond Corporate Social Responsibility, Oil Multinationals and Social Challenges. Cambridge:Cambridge University Press.
K. Kartina, I. Suntoro, and E. Siswanto, “Implementasi Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter,” J. Kult. Demokr.,vol. 5, no. 1, 2019
Marnelly, T. R. (2012) “Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia,” Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), hal. 49–59.
Prayogo, D. (2011) “Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Dan Community Development Pada Industri Tambang Dan Migas,” Makara Human Behavior Studies in Asia, 15(1), hal. 43. doi: 10.7454/mssh.v15i1.893.
Senja, W. dan Sihombing, J. (2007) “Apa Karakteristik Seorang Wirausahawan Sosial,” Plus Platform Usaha Sosial. Tersedia pada: https://usahasosial.com/id/learn/apa-karakteristik-seorang-wirausahawan-sosial/.
Sutiono PN, B. dan Musyafiq, A. A. (2020) “Analisa pengaruh pelaksanaan program corporate social responsibility terhadap pemebentukan karakter socioprenuer di kota yogyakarta Analysis of the influence of the implementation of corporate social responsibility,” Kinerja, 17(1), hal. 148–156.
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003), 5-6
(JA) (2021) “Pengertian, Karakteristik, dan Tokoh Sociopreneur di Indonesia,” Kabar Harian. Tersedia pada: https://kumparan.com/kabar-harian/pengertian-karakteristik-dan-tokoh-sociopreneur-di-indonesia-1wvCwUvywYg/full.
Y. Christiani, “Penerapan Model CIPP dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013,” J. Pendidik. Ekon., vol. 6, no. 1, 2018