Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Digital Literacy Terhadap Minat Usaha Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Manajemen Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v3i11.1480Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan, Digital Literacy, Minat BerwirausahaAbstract
Upaya menekan pengangguran di Indonesia dapat dilakukan melalui penanaman sikap kewirausahaan pada mahasiswa sebagai alternatif karir selain menjadi pegawai negeri maupun karyawan swasta. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan literasi digital terhadap self-efficacy, pengaruh self-efficacy terhadap minat berwirausaha, serta peran mediasi self-efficacy dalam hubungan keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 108 responden menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap self-efficacy, sedangkan literasi digital berpengaruh negatif dan signifikan. Selain itu, self-efficacy terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, sekaligus mampu memediasi hubungan pendidikan kewirausahaan dan literasi digital terhadap minat berwirausaha. Dengan demikian, penerapan pendidikan kewirausahaan dan literasi digital, baik formal maupun non-formal, penting untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha serta membekali mereka menghadapi persaingan dunia kerja yang kompetitif.
Downloads
References
Aditya, O., GM., Sendow, & RW., Lumantow (2022). Pengaruh Motivasi dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Riset Ekonemi, Manajemen Bisnis, Dan Akuntansi, 10(4), 1007-1017. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43201
Arquisola, MJ, & Muanar, IA (2019). Peran Pengaruh Keluarga, Jenis Kelamin, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Siswa SMK Indonesia Menjadi Wirausaha. International Journal of Research in Business and Social Science, 8(5), 104– 112. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v8i5.309
Astuti, Murwani E (2021). Pengaruh Keluarga, Etnis, Kepribadian, Gender Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Bina Manajemen, 9(2). https://doi:10.52859/jbm.v9i2.155.
Bukirom, Indardi, P., & Martono. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirasuahaan dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Pembentukan Jiwa Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen, 29(2), 114-151.
Chrismardani, Y. (2016). Theory Of Planned Behavior Sebagai Prediktor Intensi Berwirausaha. Jurnal Studi Manajemen, 10(1), 550–562. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/kompetensi.v10i1.3426
Ciuchta, MP., & Finch, D. (2019). Peran Mediasi Self-Efficacy Pada Niat Kewirausahaan: Menjelajahi Kondisi Batas. Jurnal Wawasan Menjelajah Bisnis, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jbvi.2019.e00128
Suherdi, Devri. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemi. Deli Serdang : Cattleya Darmaya Fortuna.
Ciuchta, MP., & Finch, D. (2019). Peran Mediasi Self-Efficacy Pada Niat Kewirausahaan: Menjelajahi Kondisi Batas. Jurnal Wawasan Menjelajah Bisnis, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jbvi.2019.e00128
Corry, Y., Rahcma Dania, RF., & Prihandono, D. (2021). Study of The Influence Of Education and Literation Of Entrepreneurship In Vocational High Schols : Indonesian Case. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(1), 2281-4612. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0004
Damayanti, V., & Hidayatulloh, A. (2020). Anteseden Self Efficacy dan Dampaknya pada Minat Berwirausaha. Riset dan Jurnal Akuntansi (Owner), 4(2), 433–441.
Gilster, P. (2017). Digital Literacy. John Wiley and Sons Inc. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.254
Rizki. F., & Ridwan. I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Yang Di Mediasi Oleh Motivasi dan Sikap Pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Angkatan 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 7(1), 218-240.
Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : Salemba Empat.
Yehezkiel P. G., Mintasih. I., & Salman A. T. (2023) Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19626
Linan, F. & Chen, Y. (2009). Development and Cross-Cultural Application of a Specific Instrument to Measure Entrepreneurial Intensions. Entrepreneurship Theory an Practice, 33(3), 593-617.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ECONOMINA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








