Pengaruh Kemudahan Layanan Bank Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Di Kabupaten Kudus
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v3i10.1448Keywords:
Fintech; Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif, Generasi ZAbstract
Fenomena maraknya penggunaan layanan bank digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari telah memberikan dampak yang positif salah satunya kemudahan dalam bertransaksi. Menurut riset Lokadata.id, pada tahun 2024 sebesar 73% penggunaan layanan bank digital di dominasi oleh generasi Z dan milenial. Namun, maraknya penggunaan layanan bank digital oleh generasi muda ini menimbulkan kekhawatiran terhadap pola konsumsi mereka yang semakin impulsif jika tidak dibekali dengan tingkat literasi keuangan yang cukup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan layanan bank digital dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif Generasi Z di Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan metode purposive sampling 50 responden yaitu Generasi Z (usia 15-27 tahun) di Kabupaten Kudus yang telah menggunakan layanan bank digital. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis diharapkan akan memberi informasi terkait kemudahan layanan bank digital dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif. Temuan dari penelitian ini akan mengindikasikan faktor-faktor seperti kemudahan akses layanan bank digital dan tingkat pemahaman keuangan terhadap pola konsumsi Generasi Z. Oleh karena itu, peningkatan literasi keuangan menjadi aspek penting untuk membentuk perilaku konsumsi yang lebih bijak di era digital.
Downloads
References
Ananda, A. S., & Fasa, M. I. (2024). Kemudahan dan efisiensi M-Banking sebagai solusi praktis di era digital [Convenience and efficiency of M-Banking as a practical solution]. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, (November), 7725–7729.
Batubara, M. C., & Anggraini, T. (2022). Analisis pengaruh layanan digital terhadap minat generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2), 706–725. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index
Kurnia, D. (2020). Pengaruh fitur, kemudahan penggunaan, keamanan, dan promosi terhadap keputusan penggunaan digital banking Jenius PT Bank Tabungan Pensiun Nasional. UG Jurnal, 14, 1–10.
Ambarsari, M. D., & Asandimitra, N. (2023). Pengaruh financial literacy, lifestyle, konformitas, money attitude, dan e-money terhadap perilaku konsumtif generasi Z penggemar K-Pop. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(3), 550–564. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim
Fariana, R. E., Surindra, B., & Arifin, Z. (2021). The influence of financial literacy, lifestyle and self-control on the consumption behavior of economic education students. Journal of Economics Education, 8(August), 496–503.
Harkim, B. S., Simanungkalit, R. V., Siregar, I., & Andriani, M. (2023). Effect of financial literacy at consumptive behavior of “X” university students in Medan City. Enrichment: Journal of Management, 13(2), 1321–1325.
Maulidina, Y., & Kurniawati, T. (2022). The effect of e-money, economic literacy and parents’ income on consumptive behavior. Economic Education Analysis Journal, 11(2), 191–200. https://doi.org/10.15294/eeaj.v11i2.54254
Nurjanah, S., Ilma, R. Z., & Suparno, S. (2018). Effect of economic literacy and conformity on student consumptive behaviour. Dinamika Pendidikan, 13(2), 198–207. https://doi.org/10.15294/dp.v13i2.18330
Oktaviani, M., Oktaria, M., Alexandro, R., Eriawaty, E., & Rahman, R. (2023). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9(2), 136–145. https://doi.org/10.23887/jiis.v9i2.68587
Ritonga, M., Windari, F., Sihite, T. H., Al Ihsan, M. A., & Siregar, M. (2021). The influence of financial literacy, financial inclusion and consumptive behavior on student interests in management department, Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University in using financial institution products and services. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 4005–4013. https://doi.org/10.33258/birci.v4i3.2168
Safira, R., Sugianto, S., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan manfaat digital payment sebagai alat pembayaran terhadap perilaku konsumtif individu dengan digital savvy sebagai variabel moderating. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2859–2878. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.3694
Sudiro, P. I., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh financial literacy, uang elektronik, demografi, gaya hidup, dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 160–172.
Veriwati, S., Relita, D. T., & Pelipa, E. D. (2021). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.31932/jpe.v6i1.1150
Widiyanti, N. M. W., Sara, I. M., Aziz, I. S. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). The effect of financial literacy, electronic money, self-control, and lifestyle on student consumption behavior. Journal of Tourism Economics and Policy, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.38142/jtep.v2i1.200
Yahya, A. (2021). Determinan perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37–48. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506
Zahra, D. R., & Anoraga, P. (2021). The influence of lifestyle, financial literacy, and social demographics on consumptive behavior. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1033–1041. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no2.1033
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ECONOMINA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








