E-COMMERCE DAN INOVASI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN STUDI KASUS PADA PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.108Keywords:
E-commerce, Inovasi Pemasaran, Minat BeliAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce (virtual) dan inovasi pemasaran terhadap minat beli konsumen pada PT. Ramayana Tbk. Penerapan e-commerce dilakukan oleh PT. Ramayana Tbk pada berbagai lini usahanya, dengan membuat website jual beli sendiri bekerjasama dengan perusahaan fintech seperti Go-Pay dan Dana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-commerce tersebut beserta inovasi pemasaran yang dilakukannya terbukti memiliki pengaruh yang nyata terhadap minat beli konsumen.
Downloads
References
Assauri, Sofjan. (2017). Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-15. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
------------------. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Basu, Swastha., Dharmesta., Irawan. (2017). Manajemen Pemasaran Modern,. Edisi ke dua. Yogyakarta: Liberty.
Buchari, Alma. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Cannon, Perreault., McCarthy. (2017). Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Buku 2 Edisi 19. Jakarta: Salemba Empat.
Dewanti, Retno., Budi, Henderi., Hidayat, Andrie. (2010). Peran Orientasi Pasar, Program Promosi dan Inovasi Dalam Menentukan Kinerja Pemasaran Jasa. Jakarta: Binus Business Review, 1(2), 380- 385.
Djaslim, Saladin., Yevis, Marty, Oesman. (2016). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Heijeden, H.V., Verhagen, T., & Creemers, M. (2016). Understanding Online Puchase Intentions: Contributions From Technology and Trust Perspectives. European Journal of Information System, 41-48.
Kim, D.J., Ferrin, D.L., & Rao, H.R. (2016). A Trust- Based Consumer Decision-Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Antencedents. Journal of Research Collection Lee Kong Chian School of Business, 44, (2), 544-564.
Kotler., Armstrong. (2016). Principles of Marketing. Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Kotler., Armstrong. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall. 12th Edition. England: Pearson Education, Inc.
Kotler., Keller. (2015). Marketing Management. Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Laudon, K.C., & Traver, C.G. (2016). E-commerce 2016. Edinburght Gate: Pearson Education Limited.
Manap, Abdul. (2018). Revolusi Manajemen Pemasaran, buku referensi edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Manap, Abdul. (2018). Manajemen Kewirausahaan, buku referensi edisi 1. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Pavlou, P.A. (2017). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce, 101-134.
Prayitno, Sunarto., Harjanto, Rudy. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu Bisnis, Pemasaran, dan Komunikasi Pemasaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Qin, Z. (2015). Introduction to E-commerce. 2nd Edition. Beijing: Tsinghua University Press and Springer-Verlag GmbH Berlin Heidelberg.
Rayport, J.F., & Jaworski, B.J. (2016). E-Commerce. 7th Edition. New York: McGraw-Hill.
Setiyaningrum, Ari., Udaya, Jusuf., Efendi. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran: Pengendalian Plus Tren Terkini tentang Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Enterpreneurial Marketing, dan E-Marketing. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sholekan. (2017). E-Commerce, 2nd Edition. Bandung: Telkom PDC
Solomon, Michael, R. (2015). Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th Edition. New Jersey: Prentice-Hall.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Banten: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta.
Suparyanto., & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA.
Sutisna. (2017). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan ke 11. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tjahjaningsih, Endang., Soliha, Euis. (2015). Manajemen Pemasaran: Tinjauan Teoritis Serta Riset Pemasaran. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Stikubank. Semarang: Turban.
D.C. (2015). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. London: Springer.
Vermaat,. Shelly, Cashman. (2017). Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental. Edisi 8. Jakarta: Salemba Infotek.
Yulianti, S. (2022). ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN LOYALITAS MEREK MAJALAH TEMPO PADA ANGGOTA TEMPO KOMUNITAS. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 159–176. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.35