E-COMMERCE DAN INOVASI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN STUDI KASUS PADA PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK

Authors

  • Abdul Manap Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.108

Keywords:

E-commerce, Inovasi Pemasaran, Minat Beli

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce (virtual) dan inovasi pemasaran terhadap minat beli konsumen pada PT. Ramayana Tbk. Penerapan e-commerce dilakukan oleh PT. Ramayana Tbk pada berbagai lini usahanya, dengan membuat website jual beli sendiri bekerjasama dengan perusahaan fintech seperti Go-Pay dan Dana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-commerce tersebut beserta inovasi pemasaran yang dilakukannya terbukti memiliki pengaruh yang nyata terhadap minat beli konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, Sofjan. (2017). Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-15. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

------------------. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Basu, Swastha., Dharmesta., Irawan. (2017). Manajemen Pemasaran Modern,. Edisi ke dua. Yogyakarta: Liberty.

Buchari, Alma. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Cannon, Perreault., McCarthy. (2017). Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Buku 2 Edisi 19. Jakarta: Salemba Empat.

Dewanti, Retno., Budi, Henderi., Hidayat, Andrie. (2010). Peran Orientasi Pasar, Program Promosi dan Inovasi Dalam Menentukan Kinerja Pemasaran Jasa. Jakarta: Binus Business Review, 1(2), 380- 385.

Djaslim, Saladin., Yevis, Marty, Oesman. (2016). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Heijeden, H.V., Verhagen, T., & Creemers, M. (2016). Understanding Online Puchase Intentions: Contributions From Technology and Trust Perspectives. European Journal of Information System, 41-48.

Kim, D.J., Ferrin, D.L., & Rao, H.R. (2016). A Trust- Based Consumer Decision-Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Antencedents. Journal of Research Collection Lee Kong Chian School of Business, 44, (2), 544-564.

Kotler., Armstrong. (2016). Principles of Marketing. Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Kotler., Armstrong. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall. 12th Edition. England: Pearson Education, Inc.

Kotler., Keller. (2015). Marketing Management. Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Laudon, K.C., & Traver, C.G. (2016). E-commerce 2016. Edinburght Gate: Pearson Education Limited.

Manap, Abdul. (2018). Revolusi Manajemen Pemasaran, buku referensi edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Manap, Abdul. (2018). Manajemen Kewirausahaan, buku referensi edisi 1. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pavlou, P.A. (2017). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce, 101-134.

Prayitno, Sunarto., Harjanto, Rudy. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu Bisnis, Pemasaran, dan Komunikasi Pemasaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Qin, Z. (2015). Introduction to E-commerce. 2nd Edition. Beijing: Tsinghua University Press and Springer-Verlag GmbH Berlin Heidelberg.

Rayport, J.F., & Jaworski, B.J. (2016). E-Commerce. 7th Edition. New York: McGraw-Hill.

Setiyaningrum, Ari., Udaya, Jusuf., Efendi. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran: Pengendalian Plus Tren Terkini tentang Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Enterpreneurial Marketing, dan E-Marketing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sholekan. (2017). E-Commerce, 2nd Edition. Bandung: Telkom PDC

Solomon, Michael, R. (2015). Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Banten: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta.

Suparyanto., & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA.

Sutisna. (2017). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan ke 11. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjahjaningsih, Endang., Soliha, Euis. (2015). Manajemen Pemasaran: Tinjauan Teoritis Serta Riset Pemasaran. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Stikubank. Semarang: Turban.

D.C. (2015). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. London: Springer.

Vermaat,. Shelly, Cashman. (2017). Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental. Edisi 8. Jakarta: Salemba Infotek.

Yulianti, S. (2022). ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN LOYALITAS MEREK MAJALAH TEMPO PADA ANGGOTA TEMPO KOMUNITAS. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 159–176. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.35

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Manap, A. (2022). E-COMMERCE DAN INOVASI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN STUDI KASUS PADA PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK. JURNAL ECONOMINA, 1(3), 480–492. https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.108