PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X AKL DI SMKN 2 TULUNGAGUNG

Authors

  • Siska Puji Astutik Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Nailariza Umami Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.775

Keywords:

Kemampuan Berfikir Kritis, Kemampuan Komunikasi, PBL

Abstract

SMKN 2 Tulungagung khususnya pada kelas X AKL, proses pembelajaran yang dialksanakan khususnya akuntansi, guru belum bisa menerapkan model belajar sesuai dengan kebutuhan siswanya secara maksimal. Peneliti beranggapan bahwa pembelajaran akuntansi di kelas X AKL lebih berpusat pada guru sehingga siswa cenderung menyerap informasi secara pasif. Kurangnya guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, berdampak negatif pada kemampuan komunikasi siswa. Hal tersebut bisa terjadi karena pembelajaran lebih terpusat pada guru (teacher center). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah PBL berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X AKL SMKN 2 Tulungagung? (2) apakah PBL berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas X AKL SMKN 2 Tulungagung?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Teknik sampling yag digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 66 siswa. Anilsis yang digunakan adalah analisis independent t Test menggunakan alat analisis Spss 23. Hasil penelitian ini adalah (1) PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X AKL SMKN 2 Tulungagung. PBL terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dibandingkan model konvensional berupa ceramah; (2) PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas X AKL SMKN 2 Tulungagung. PBL terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dibandingkan model konvensional berupa ceramah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeyemi, S. B. (2012). Developing Critical Thinking Skills in Students: A Mandate for Higher Education in Nigeria. European Journal of Education Research, 1(2).

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Kurikulum 2013. Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2013a). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

Asriah, N., Wajdi, B., Syahidi, K., & Pancor, M. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Lambda Journal, Lembaga "Bale Literasi, 2(1), 2809–4409. http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/lambda/home.

Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2).

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, U, E. O. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Efri Yanti. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Rambatan. Skripsi: Jurusan Tadris Matematika IAIN Batusangkar.

Eka Kurnia Lestari dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Erni, O. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Sets Terhadap Hots (Higher Order Thinking Skill) Peserta Didik Kelas X Pada Materi Ekosistem Di Man 1 Lampung Utara. Thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Fakhriyah, F. (2016). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1).

Fitriana, D. W. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis: Penelitian Eksperimental Kuasi dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hafely, Anwar Bey,, La Ode Ahmad Jazuli, N. S. (2018). engaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2).

Hetherington, E. Mavis & Parke, R. D. (1986). Child Psychology: A Contemporary Viewpoint. McGraw-Hill, Inc.

Kustiyani, L. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Perkembangbiakan Makhluk Hidup Journal of Education Action Research, 5(3), 432–439. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index.

Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Remaja Rosdakarya.

Larry A. Samovar, D. (2010). Komunikasi Lintas Budaya (Edisi 7). Salemba Humanika.

Machfudz, M. (2014). Metodologi Penelitian Ekonomi. Genius Media.

Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Cendekia, 4(2).

Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 961–973. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.

Payadnya, I. P. A. A. (2018). Panduan Penelitian Ekperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Depublish.

Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689.

Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.

Ramadiani, S., & Amin Fauzi, M. (2022). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gender Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 3(2), 128–137. www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/index.

Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Alfabeta.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Rajawali Press.

Sadia, W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Graha Ilmu.

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Sari, Y. L. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Pekanbaru. Thesis, Universitas Islam Riau.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Siregar, S. (2014). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. PT Raja Graafindo Persada.

Soelaiman. (2007). Manajemen Kinerja; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan evaluasi Kerja. Cetakan kedua. PT. Inetrmedia Personalia Utama.

Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. PT Prestasi Pustakaraya.

Suprijono, S. (2016). Cooperative Learning. Pustaka Belajar.

Susilawati, D. (2018). Tes dan Pengukuran. UPI Sumedang Press.

Suwarma, D. M. (2009). Suatu Alternatif Pembelajaran untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Matematika. Cakrawala Maha Karya.

Synder, L. G. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 1(2).

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Teras.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif KTSP. PT Prenada Media Group.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Problem Based Learning (PBL) Learning Model: The Effect On Understanding Of Concept And Critical Thinking. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 399–408.

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 72–80. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Astutik, S. P., & Umami, N. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X AKL DI SMKN 2 TULUNGAGUNG. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 906–915. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.775