PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 1 PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG

Authors

  • Izza Kharisma Arifiani Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Nailariza Umami Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.767

Keywords:

Implementasi Guru, Kurikulum merdeka, Problematika Guru

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan sebuah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan lebih kepada guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Namun, implementasi kurikulum merdeka tidak terlepas dari problematika yang dihadapi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika yang dihadapi guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah wawancara terstruktur dengan guru-guru yang terlibat dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika yang dihadapi oleh guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Problematika yang pertama yaitu kurangnya pemahaman mendalam tentang konsep dan tujuan kurikulum merdeka, sehingga guru masih menggunakan cara lama untuk pembelajaran, problematika yang kedua yaitu kurang siapnya guru dan siswa dalam pembelajaran terdiferiensasi, problematika yang ketiga adalah kurangnya pemahaman dalam banyaknya perangkat ajar. Untuk mengatasi problematika tersebut diperlukan upaya dari berbagai pihak. Lembaga perlu menyediakan pelatihan dan pendampingan yang intensif kepada guru untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatah, A., Haryana, K., Sampurno, Y. G., Teknik, F., & Yogyakarta, U. N. (2022). Kesiapan smk negeri dalam implementasi kurikulum merdeka. 5(November), 95–110.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720

Jannah, F., Fatimattus, P., & Zahra, A. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar 2022. 4(2), 55–65.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sugiyono. (2011). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF.

Susiani, I. W. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo. 3, 296–306.

Umami, N., Aghata, M., & Widyanti, S. (2020). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 7 No . 1 Januari 2020 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EKONOMI BERKARAKTER. 7(1), 21–30.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Arifiani, I. K., & Umami, N. (2023). PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 1 PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 872–878. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.767