KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi pada Guru Kelas X)

Authors

  • Oktaviani Kurnia Sari Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Nailariza Umami Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.766

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Kesiapan Guru, Pelatihan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Pakel kabupaten tulungagung (studi pada guru kelas X). Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan sampel 17 guru yang mengampu mata pelajaran kelas X. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SMA Negeri 1 Pakel sudah siap mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran di sekolah karena guru sudah memiliki kesiapan yang pertama dimulai dari mengikuti pelatihan dan penataran kurikulum merdeka sehingga dapat memahami tentang struktur kurikulum merdeka. Kedua yaitu kesiapan rencana pembelajaran. Ketiga yaitu kesiapan proses pembelajaran. Keempat yaitu kesiapan sarana dan prasarana.  Kelima yaitu kesiapan modul bahan ajar. dan keenam yaitu kesiapan penilaian pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afista, Y., Priyono, A., & Huda, S. A. A. (2020). Analisis Kesiapan Guru Pai Dalam Menyongsong Kebijakan Merdeka Belajar (Studi Kasus Di Mtsn 9 Madiun). Journal of Education and Management Studies, 3(6), 53–60.

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Ansumanti. (2022). Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 1–6. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/595

Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hermanto, P. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka. Sindonews.Com, 4(2), 55–65. https://nasional.sindonews.com/newsread/848451/18/problematika-penerapan-kurikulum-merdeka-1659791321/20

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Muslihin, H. Y., Loita, A., & Nurjanah Dea Siti. (2022). Instrumen Penelitian Tindakan Kelas Untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 95–101. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/51341

Saepuloh, D. (2018). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 (Studi Kasus pada SMK Lab Business School Tangerang). Jipis, 27(1), 33–50.

Sinomi, C., Adisel, & Syafri, F. S. (2021). Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 2(2), 121–127.

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Ummami, N, F. R. (2022). (2022). Dampak Program Kampus Mengajar Bagi Peningkatan Soft Skill (Kemampuan Interpersonal) Dan Hard Skill (Kemampuan Intelektual) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. 15(2), 94–104.

Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5. https://www.cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/142

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Sari, O. K., & Umami, N. (2023). KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi pada Guru Kelas X). ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 866–871. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.766