IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SMP NEGERI 1 REJOTANGAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.730Keywords:
Implementasi, Kurikulum Merdeka, PembelajaranAbstract
Kurikulum Merdeka adalah suatu desain pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar secara santai, tenang, menyenangkan dan bebas dari tekanan. Tujuan utama dari konsep ini adalah agar siswa dapat mengekspresikan bakat mereka dalam suasana pembelajaran yang kreatif dan tanpa batasan pikiran. Kurikulum Merdeka didesain khusus untuk memelnuhi kebutuhan sekolah, sehingga sangat cocok bagi pelnggunaannya. Pemerintah berharap bahwa melalui kurikulum ini, para guru dapat memahami karakteristik siswa dan pola belajar mereka secara lebih baik. Kurikulum merdeka juga mengajarkan cara agar guru dapat mempelajari karaktelristik atau gaya belajar siswa yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis persiapan kepala sekolah dan guru dalam implementasi pembelajaran kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah wawancara terstruktur dengan guru-guru yang terlibat dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persiapan kepala sekolah dan guru sudah dikatakan siap untuk menerapkan kurikulum merdeka. Meskipun sudah siap, namun guru mengalami beberapa hambatan dalam persiapannya.
Downloads
References
Efendi, E., Keguruan, F., & Bengkulu, U. (2019). Administrasi Pendidikan Manajer Pendidikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(E-ISSN 2623-0208), 281–292.
Ekawati, R., & Susanti, D. (2022). Analisis Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Muhammadiyah Kota Padang Analysis Of Teacher Preparation In Implementing An Independent Curriculum at SD IV Muhammadiyah Padang Pendidikan dikatakan sebuah proses kehidupan untuk mengembangkan segenap pote. Jurnal Media Ilmu, 1, 33–39.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Kemendikbud. (2022). Portal Webinar Implementasi Kurikulum Merdeka (Webinar IKM Kemendikbudristek).
Kholifah, Putri, E., Setiawan, F., & Fitri., N. L. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan.
Lusmina. (2017). Pengembangan Kurikulum. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Moh. Masnun. (2023). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Cahaya Mandalika, 235–246.
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Purani, N., K., C., & Putra, I., K., D., A., S. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 8–12.
Syamaun, S. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Sikap dan Perilaku Keberagaman. Jurnal At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 81–95.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); ke-1). ALFABETA.
Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.). Sebelas Maret University Press.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.