UPAYA INGO ROTARY CLUB MELALUI PROGRAM SHF (SUMBA HOSPITALITY FOUNDATION) DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA SUMBA

Authors

  • Ayu Munandar Alam Universitas Respati Yogyakarta
  • Diansari Solihah Amini Universitas Respati Yogyakarta
  • Yeyen Subandi Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.689

Keywords:

INGO, Pariwisata, Rotary Club, Sumba, Sumba Hospitality Foundation

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia termasuk di wilayah Sumba Nusa Tenggara Timur mempunyai tujuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lokal. Peran dari Rotary Club melalui program Sumba Hospitality Foundation (SHF) sangat membantu sektor pariwisata. Penelitian ini menggunakan konsep International Non-Government Organizations (INGO), Sustainable Development, dan Sustainable Tourism Development. Temuan dalam penelitian ini adalah Rotary Club dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan memberikan program dana sosial yang di berikan guna membantu menunjang kebutuhan magang dan prasarana yang dibutuhkan oleh siswa-siswi Sumba Hospitality Foundation (SHF). Selain itu Rotary Club Memberikan tanah pembangunan sekolah, dan berjalan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Akhmad Bories Yasin, Hamid, Djamhur, dan Topowijono. (2016). Dampak Keberadaan Sektor Pariwisata Terhadap Peningkatan Faktor Sosial Ekonomi Masyarakat Kampung Tenun Samarinda di Kota Samarinda Kalimantan Timur. JUMPA Vol. 05. No. 02.

Anonim. (2008). Potret Dunia Pendidikan Indonesia http://mybluegreen.net/tak taulah/potretdunia-pendidikan-indonesia//

M, Finlayson Max. (2018). Di Balik Krisis Ekosistem: Pemikiran Tentang Kehiutanan dan Lingkungan Hidup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudarmayasa, I Wayan dan Nala, I Wayan Lanang. (2019). Dampak Keberadaan Sektor Pariwisata Terhadap Peningkatan Faktor Sosial Ekonomi Masyarakat Kampung Tenun Samarinda di Kota Samarinda Kalimantan Timur. JUMPA Vol. 05. No. 02.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Alam, A. M., Amini, D. S., & Subandi, Y. (2023). UPAYA INGO ROTARY CLUB MELALUI PROGRAM SHF (SUMBA HOSPITALITY FOUNDATION) DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA SUMBA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(7), 698–705. https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.689