PENINGKATAN MOTIIVASI KERJA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA GURU SMAN 12 MUARO JAMBI

Authors

  • Muhammad Syafriani SMAN 12 Muaro Jambi Provinsi Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.532

Keywords:

Motivasi, SMAN 12 Muaro Jambi, Supervisi

Abstract

Supervisi merupakan salah satu tugas kepala satuan pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru SMAN 12 Muaro Jambi, dengan melakukan perencanaan supervisi, observasi kelas dan tindak lanjut hasil supervisi. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan , pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi di SMAN 12 Muaro Jambi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara di kelas. Adapun teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif terhadap  data berupa dokumen hasil observasi guru di kelas, lembar observasi, serta angket/kuesioner. Sedangkan masalah penelitian adalah supervisi akademik dapat meningkatkan motivasi kerja guru SMAN 12 Muaro Jambi.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi akademik motivasi kerja guru SMAN 12 Muaro Jambi dapat meningkat dan menerapkan pembelajaran yang  menyenangkan dikelas maupun diluar kelas serta memiliki administrasi pembelajaran yang lengkap. Disimpulkan bahwa supervisi akademik dapat membantu guru dalam pemecahan pembelajaran dan meningkatkan motivasi kerja guru SMAN 12 Muaro Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hakim, Dinamika Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi (Semarang: EF Press Digemedia, 2014).

Muhammad Amin. 2022, Meninjau Kembali Prinsip Dan Perencanaan Supervisi Pendidikan Sebagai Pengawasan Dalam Pendidikan Yang Bersifat Pembinaan, (Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2022).

Donni Juni Priansa and Rismi Somad, Manajemen Supevisi & Kepemimpinan Kepala Madrasah (Bandung: Alfabeta, 2014).

E Mulyasa, Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).

Hasruddy Tanjung, Jurnal Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Medan, Vol.15, No. 01, (April 2015).

Muwahid, Supervisi Pendidikan (teori dan praktek dalam mengembangankan SDM Guru), Surabaya: Acima Publishing, 2012).

Muhammad Kristiawan, Supervisi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta 2019).

Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Medan, Vol. 15, No. 01, (April 2015), 29 https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/viewFile/964/882.

Lantip Diat Prasojo and Sudiyono, Supervisi Pendidikan (Yogyakarta: Gava Media, 2011).

Lexy, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).

Ngalim Purwanto, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009).

Novianty Djafri, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Sleman: Deepublish, 2017).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alftabeta. 2010).

Shulhan Muwahid, Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik dalam Mengembangan Sumber Daya Pendidikan, (Surabaya: Acima Publishing, 2012).

Subaidi, Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan, (Surabaya: Alfabeta. Subaidi. (2019).

Usman, Husaini, Manajeman, teori, praktik, dan riset pendidikan. Edisi Jakarta: Bumi Aksara, (2011).

Sumber Lain

Undang-Undang Nomor 2, Sistem Pendidikan Nasional, Tahun 2003.

Peraturan Menteri Nomor 13 Tahun 2007, Standar Kepala Sekolah Kompetensi Supervisi.

Jurnal:

Ari, Supervisi Akademik Kepala Madrasah. (Inovatif: Volume 6, No. 1. 2020).

Asroni, Perencanaan Dan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Serta Ugensinya, 2021.

Hasrudy, 2015. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja, 2015.

Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Syafriani, M. (2023). PENINGKATAN MOTIIVASI KERJA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA GURU SMAN 12 MUARO JAMBI. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(5), 384–394. https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.532