PENGEMBANGAN EVALUASI BERBASIS MEDIA INTERAKTIF WORDWALL PADA MATA PELAJARAN TEMATIK TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SDN 106815 MARINDAL I
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.506Keywords:
Evaluasi, Media Interaktif, Peduli Mahluk Hidup, Tematik, WordwallAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan evaluasi berbasis media interaktif wordwall pada mata pelajaran tematik tema peduli terhadap mahluk hidup di kelas IV.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu.Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Pada pengembangan ini prosedur pengembangan ADDIE yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan (Development).Instrument yang digunakan, yaitu angket ahlli evaluasi, dan angket ahli materi untuk mengetahui kelayakan Evaluasi Berbasis media interaktif Wordwall yang dikembangkan.Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli materi didapatkan skor kevalidan sebesar 78 dengan kriteria “Layak” dengan adanya catatan revisi. Setelah materi direvisi didapatkan skor kevalidan sebesar 90 dengan kriteria “Sangat Layak”. danDari hasil validasi ahli media didapatkan skor kevalidan sebesar 77 dengan kriteria “Layak” dengan adanya catatan revisi. Setelah media direvisi didapatkan skor kevalidan sebesar 82 dengan kriteria “Sangat Layak”. Dari penilaian kedua validator ahli, dapat dikatakan bahwa evaluasi berbasis media interaktif wordwall pada mata pelajaran tematik tema peduli terhadap mahluk hidup yang dikembangkan “Sangat Layak” digunakan pada proses pembelajaran di kelas IV.
Downloads
References
Arifin, Z . (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Elis Ratna Wulan Dan H. A. Rusdiana. Evaluasi Pembelajaran. (2016:15). Bandung: Pustaka Setia.
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/2/2
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823. https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/12823https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823
Indrawini, T, Amirudin, A, dan Widiati, U. (2014).Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk MencapaiPembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan,Vol. 2, No. 11, 1489-1497. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti.2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848
https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.3848
Sherianto, 2020.Wordwall Aplikasi Bermain Sambil Belajar, http://www.cocokpedia.net/2020/07/wordwall-aplikasi-bermain-sambilbelajar.html.
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto.(2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/118 https://doi.org/10.32696/jmn.v4i1.118
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jrpipm/article/view/18961
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.