PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Suki Suwardi Dinas Pendidikan Provinsi Banten

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.501

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Persepsi Kepala Sekolah, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi Kepala Sekolah terhadap implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini bertujuan untuk memberikan gambaran detail mengenai temuan yang diperoleh sesuai dengan fenomena yang terjadi. Menurut Creswell (2016), penelitian kualitatif digunakan untuk menggali dan memahami makna yang dimiliki oleh sejumlah individu atau kelompok dalam konteks masalah sosial. Penelitian kualitatif juga menekankan pada konstruksi realitas dan pemahaman makna, sehingga proses, peristiwa, dan konteks sangat diperhatikan dalam penelitian ini (Guba & Lincoln, 2005). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara terbuka kepada Sembilan kepala sekolah yang menjadi binaan peneliti . Dimana setiap kepala sekolah diwawancarai mengenai implementasi kurikulum merdeka dengan daftar pertanyaan yang disusun oleh peneliti dengan jumlah pertanyaan sebantak 10 pertanyaan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Serang Banten. Berdasarkan hasil wawancara dengan 9 kepala sekolah didapat kesimpulan yaitu bahwa 67 % persepsi kepala sekolah sudah memahami implementasi kurikulum merdeka, adapun sisanya 33 %  kurang memahami. Sedangkan persepsi kepala sekolah tentang kesiapan kepala sekolah menerapkan kurikulum merdeka sudah 100% mendaftar walaupun pilihannya berbeda sesuai dengan kondisi dan ketersedian sumber daya manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Persepsi Kepala Sekolah tentang Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta Penulis: Mardiani, R. D., & Triyanto, S. Tahun Terbit: 2019 Sumber: Jurnal Administrasi Pendidikan, 36(1), 91-102.

Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar: Persepsi Kepala Sekolah di Kota Bandung Penulis: Fauziah, H., & Arifin, Z. Tahun Terbit: 2016 Sumber: Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(2), 64-73.

Kepala Sekolah SMK dan Persepsi Implementasi Kurikulum 2013 Penulis: Tuahta, A. H., Aminah, N. S., & Setianingsih, S. Tahun Terbit: 2020 Sumber: Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(1), 77-84.

Headteachers' Perceptions of Curriculum Reform: Insights from Hong Kong Penulis: Law, E. H. F., & Chow, C. B. Tahun Terbit: 2015 Sumber: Journal of Education for Teaching, 41(2), 213-225.

Primary School Headteachers' Perceptions of the Curriculum Reform in England: Implications for Leadership Practice Penulis: Kambouri-Danos, M. Tahun Terbit: 2018 Sumber: Educational Management Administration & Leadership, 46(4), 617-635.

The Implementation of the New Curriculum and Its Challenges: The Case of Primary School Headteachers in Cyprus Penulis: Kyriakides, L., Charalambous, C. Y., & Koutselini, M. Tahun Terbit: 2015 Sumber: School Leadership & Management, 35(5), 479-4

Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Penulis: Yulianti, D., Hidayat, R., & Apino, E. Tahun Terbit: 2018 Sumber: Jurnal Administrasi Pendidikan, 30(1), 28-36.

Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SMP di Kabupaten Boyolali Penulis: Munawaroh, L., & Marfu'ah, M. Tahun Terbit: 2020 Sumber: Jurnal Penelitian Pendidikan, 37(2), 275-284.

Persepsi Guru Kelas Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Pada Materi Matematika, Jurnal Pendidikan Tematik Vol. 3, No. 3, Desember 2022 Nina Fatmiyat.

PERSEPSI GURU TERHADAP PENTINGNYA PELATIHAN PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA Oleh Ida Bagus Nyoman Mantra1), I Gde Putu Agus Pramerta2) , Anak Agung Putu Arsana3) , Kadek Rahayu Puspadewi4) , Ida Ayu Made Wedasuwari5) 1,2,3,4,5Universitas Mahasaraswati Denpasar E-mail: 1 bagusmantra@unmas.ac.id, 2 putuagus1708@unmas.ac.id, 3 agungarsana@unmas.ac.id, 4 rahayu_puspa@unmas.ac.id, 5 dayuweda@unmas.ac.i

PERSEPSI GURU PAUD TERHADAP PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU MELALUI KURIKULUM MERDEK Rosyida Nurul Anwar. Azzahra Jurnal Pendidikan Anak Usia dini, 04-06-2022.

PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ON LINE MASA PANDEMI COVID-19 Iis Dahlia1; Ucup Supriatna, GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan (Vol XII no 2 Juli 2021)

Murtiningsih, N. K., Haryanti, Y., & Lestari, N. P. (2021). Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 89-98.

Mukminin, A., & Nafi’ah, N. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Prenada Media.

Susanti, E. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. CV. Aneka Ilmu.

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Suwardi, S. (2023). PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(5), 321–327. https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.501