PENGGUNAAN METODE QUESTIONING GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENGGARAN HAK DAN PENGINGKARAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i4.453Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, QuestioningAbstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Metode Questioning berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas XII?, (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan diterapkannya metode Questioning pada siswa kelas XII? Tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh metode Questioning terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas XII. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah diterapkannya metode Questioning pada siswa kelas XII. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kota Serang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63%,), siklus II (75%), siklus III (91.7%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Questioning berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Agus Sumali, MM . 2007, Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XII, Jakarta: Yudhistira.
Budiyanto. 2007, Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung: Erlangga.
Chotib dkk. 2006, Kewarganegaraan 3, Jakarta: Yudhistira.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Penyusunan Kurikulum
Kokom Komalasari. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XII. Bandung : Armico.
Nugroho Noto Susanto, 1983. Naskah otentik dan rumusan Pancasila yang Otentik. Jakarta : PN Balai Pustaka.
Nurhasanah, A. 2008. Pendekatan Tematik dalam Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bumi dan Alam Semesta. Skripsi FIP UPI: tidak diterbitkan.
Sekjen MPR RI, Undang Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 amandemen I, II, III, IV, Bandung: Citra Umbara.
Skripsi FIP UPI. 2009. Universitas Pendidikan Indonesia. Panduan Penulisan Skripsi & Makalah PGSD Bumi Siliwangi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: UPI Press.
Sukirman, D. dan Jumhana, N. 2006. Bahan Belajar Mandiri Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI Press.
Susilawati, E. 2008. Pemanfaatan Pemodelan Bertanya oleh Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengajukan Pertanyaan Produktif. Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Wahyudin, U. dkk. 2006. Evaluasi Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press Wardhani, I. dkk. 2007. Buku Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.