KONTRIBUSI SPIRITUALITAS DALAM MENINGKATKAN ETOS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI MENTENG ATAS 14 JAKARTA SELATAN

Authors

  • Taufik Abdillah Syukur Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Aulia Istiqomah Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
  • Muhammad Qistilani Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i3.431

Keywords:

Etos Belajar, Kontribusi, Spiritualitas

Abstract

Peran nilai-nilai spiritual dalam meningkatkan semangat belajar siswa, hendaknya menjadi kesadaran siswa dalam mengamalkan setiap pembelajaran yang diberikan dari sekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi, dan menganalisis kontribusi spiritualitas dalam meningkatkan etos belajar siswa SDN Menteng Atas 14 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek-aspek spiritualitas berkontribusi dalam meningkatkan etos belajar siswa baik aspek terbuka, empati/peduli, objektif, tanggung jawab, komitmen tinggi, dan mandiri. Adapun kontribusi spiritualitas yang paling dominan dalam meningkatkan etos belajar siswa adalah aspek tanggung jawab. Hal itu dapat dilihat dari usaha siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh orang tua maupun guru dengan cepat dan tuntas, juga dengan hati yang ikhlas, tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary Ginanjar Agustian, ESQ Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi danSpiritual 1 Ihsan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Arga Publishing, 2007.

Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power sebuah Inner Journey melalui Al-Ihsan, Jakarta: Arga, 2003.

Charles H. Zastrow, The Practice Work, Universiy of Wisconsin, An International Thompson Publishing Company, White Water, 1999

Dimyati, Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Limas Dodi, Nilai Spiritual Sayyed Hossein Nasr dalam Menjemen Pendidikan Islam, Jurnal Menejemen dan Pendidikan Islam, Vol.4, No.1, 2018.

M Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

Nur Maulany Din El Fath, Hubungan Citra Adyan Antara Spiritualitas dengan Penerimaan Orangtua yang Memiliki Anak Autis, Makkasar: Skripsi Tidak diterbitkan, 2015.

Shofa Muthohar, Fenomena Spiritualitas Terapan dan Tantangan Agama Islam di Era Global, Jurnal At-Taqaddum,Vol 6,No 2, November 2014

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Syukur, T. A., Istiqomah, A., & Qistilani, M. (2023). KONTRIBUSI SPIRITUALITAS DALAM MENINGKATKAN ETOS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI MENTENG ATAS 14 JAKARTA SELATAN. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 205–213. https://doi.org/10.55681/armada.v1i3.431