Hubungan Self Efficacy Siswa terhadap Minat Belajar dalam Pembelajaran Daring di UPTD SDN 28 Indrapura

Authors

  • Tiara Walidaina Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i6.1345

Keywords:

Minat Belajar, Pembelajaran Daring, Self Efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy terhadap terhadap minat belajar dalam pembelajaran daring. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis linear sederhana. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Self efficacy mempunyai hubungan terhadap pembelajaran darinh. Hal ini dikethaui bahwa thitung 9,615 > ttabel 2,024. Maka dalam penelitian ini t hitung > ttabel hal ini menunjukkan bahwa self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dalam Pembelajaran Daring. sehingga dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho tolak. Nilai R Square diketahui adalah 0,709 atau 70,9% menunjukkan sekitar 70,9% variabel terhadap minat belajar dalam Pembelajaran Daring  (Y) dipengaruhi self efficacy. Sisanya 29,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 No. 2 Juli 2013.

Bandura, A. (2013). Self Efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, 77-81). New York: Academic Press

Goldschmidt, K. (2020). The Covid-19 Pandemic: Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, 88–90.

Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2

Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. Penerapan augmented reality dalam pendidikan sekolah dasar. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823, 1-2. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823

Pudjiastuti Endang (2014), Hubungan Self Efficacy dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Pers.

Sukmawarti & Rangkuti, C. J. S., 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 565–572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848/265

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,2(1), Hal:202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536, 78-92. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p78-92

Sukmawarti, Hidayat, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823, 1-2. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Walidaina, T., & Hidayat, H. (2024). Hubungan Self Efficacy Siswa terhadap Minat Belajar dalam Pembelajaran Daring di UPTD SDN 28 Indrapura. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(6), 367–374. https://doi.org/10.55681/armada.v2i6.1345