Model Koordinasi di BKPSDM DAN Asesmen Center dalam Uji Kompetensi ASN

Authors

  • Imas Sumiati Universitas Pasundan
  • Muhammad Bayu Permana Rosiyan Universitas Pasundan
  • Anisa Rizki Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v2i2.1206

Keywords:

Asesmen Center, Kinerja, Koordinasi, Manajemen Talenta, Uji Kompetensi

Abstract

Model koordinasi yang diterapkan di BKPSDM dan Asesmen Center dalam uji kompetensi ASN menerapkan model koordinasi internal, baik secara vertical maupun horizontal. Hal ini tampak dari keterlibatan beberapa bidang di BKPSDM dengan Asessmnet Center dalam perekomendasian pegawai. Bentuk rekomendasi bisa atas dasar promosi jabatan atau justru karena memang adanya permasalahan. Jadi, assessment center berperan untuk memberikan arahan kompetensi yang mana yang harus dikembangkan bagi seorang ASN yang telah di asesi. Hasil diagnostic awal ini maka akan berjalan lebih baik jika diintegrasikan juga dengan konsep management talenta, dimana pegawai yang dikirim untuk mengikuti program pelatihan jangan hanya didasari pada kebutuhan akan peningkatan standar kompetensi jabatan saja, tetapi harus didasari juga kebutuhan individu hasil assesmen yang telah di proses dalam manajemen talenta. Strateji manajemen talenta memiliki focus pada 5 area yaitu penarikan (attracting), seleksi (selecting), pemakaian (enganging), pengembangan (development), dan mempertahankan (reteaining) pegawai bertalenta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apita, Y. (2021). Pentingnya Penerapan Manajemen Talenta dalam Meningkatkan Kualitas ASN. (https://kumparan.com/apitayuniarti2/pentingnya-penerapan- manajementalenta-dalam- meningkatkan-kualitas-asn- 1vymYOSixpC/full, diakses 29 September 2021).

Arbani. (2021). Pengembangan Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Tenaga Kependidikan UIN Antasari Banjarmasin Melalui Metode Pendidikan Dan Pelatihan. Attarwiyah, Jurnal STAI Al-Washiyah Barabai, 14(27).

Beechler, S., & Woodward, I. C. (2009). The global ‘war for talent’. Journal of International Management, 15 (3), 273-285

Iles, P., Preece, D., & Chuai, X. (2010) Talent management as a management fashion in HRD: Towards a research agenda. Human Resource Development International 13(2), 125–145.

Kravariti, F., & Johnston, K. (2020). Talent management: a critical literature review and research agenda for public sector human resource management. Public Management Review, 22 (1), 75-99.

Pentingnya Pengembangan Kompetensi Terhadap Kinerja ASN. (2020).

(https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/pentingnya-pengembangan kompetensi-terhadap- kinerja-asn, diakses 29 September 2021).

Pramesthi, R. A. J., Hartati, A. S., & Rahatmawati, I. (2020). Pengaruh Beban Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Yang Dimediasi Oleh Stres Kerja. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(1).

Sartika, D., & Kusumaningrum, M. (2017). Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Borneo Administrator, 13(2), 131-149. doi:10.24258/jba.v13i2.310

Setiadiputra, R. Y. P. (2017). Ur

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Sumiati, I., Rosiyan, M. B. P., & Rizki, A. (2024). Model Koordinasi di BKPSDM DAN Asesmen Center dalam Uji Kompetensi ASN. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 118–124. https://doi.org/10.55681/armada.v2i2.1206