ANALISIS PROGRAM PUSPAGA TERHADAP PENCEGAHAN KEKERASAN ANAK (Studi pada Balai RW 4 Kelurahan Tambak Wedi Kota Surabaya)

Authors

  • Fandy Ahmad Fazrul Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sumainah Fauziah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i12.1088

Keywords:

Kekerasan Anak, Parenting, Puspaga

Abstract

Kasus kekerasan terhadap anak masih menjadi suatu problem di Indonesia yang belum bisa teratasi. Kekerasan dapat berupa serangan secara fisik, seksual, penganiayaan emosional dan tidak kepedulian terhadap anak. Kekerasan pada anak sendiri dapat terjadi di lingkungan keluarga, Karena orang tua memiliki kewajiban membesarkan dan mendidik anak dengan kasih sayang yang tercukupi sehingga anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang bermoral, sehat, dan cerdas. Namun masih banyak sekali orang tua yang tidak mampu menjaga dan mendidik anak dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Program PUSPAGA sendiri dikit banyak telah ada di hati masyarakat sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Mulai dari pemberian kelas parenting yang berguna untuk edukasi pada orang tua dan calon orang tua agar dapat menyayangi dan mendidik anak dengan pola asuh yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana, N. G., & Zirmansyah, Z. (2021). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 40. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.565

https://dppkbp3a.beraukab.go.id/Artikel/artikel_detail/mekanisme-pelayanan-puspaga

Ismi Erli, M. K. (2023). Efektivitas Kelas Parenting Dalam Program Puspaga Terhadap Masyarakat di Balai RW 4 Kelurahan Tambak Wedi , Surabaya Ismi Erli Syephiana M Kendry Widiyatno sebagai kota ramah anak yang diadakan oleh Kemen PPA RI selama lima kali berturut-turut Pengendalia. 1(6).

Margareta,Tri Sella , Melinda Puspita. (2020). KEKERASAN PADA ANAK USIA DINI (STUDY KASUS PADA ANAK UMUR 6-7 TAHUN DI KERTAPATI).18(2)

Marsya Sabilla Boreel, Dine Meigawati, M. R. A. (2022). 3 1,2,3. IMPLEMENTASI PROGRAM PUSPAGA (PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA) DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN PADA ANAK DI KOTA SUKABUMI, 3(3).

Mulyawati,Dyah. (2021). PARENTING EDUCATION SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN TERHADAP ANAK SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19, 12(1).

Rahmadani, A., Wulandari, M. D., & Darsinah, D. (2022). Pengaruh Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Dasar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 88–98. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4492

Ramadhan, T., & Diniyah, N. (2022). Efektivitas Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Pada Anak Di Tangerang Selatan. Sahaja, 1(2), 109–119. https://doi.org/10.61159/sahaja.v1i2.23

Syahputri Bella, Casiavera (2022). PERAN PUSPAGA DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN PADA ANAK, 9(2).177-187. https://doi.org/10.21009/JKKP.092.05

Wicaksana Putra,Dharma. (2023). Peran Program Puspaga Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak di Wilayah Kelurahan Made,Kecamatan Sambikerep , Kota Surabaya,, Jawa Timur Indonesia. 1(4), 65-75.

https://journalstiayappimakassar.ac.id/index.php/Birokrasi/article/download/719/746/1986

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Fazrul, F. A., & Fauziah, S. (2023). ANALISIS PROGRAM PUSPAGA TERHADAP PENCEGAHAN KEKERASAN ANAK (Studi pada Balai RW 4 Kelurahan Tambak Wedi Kota Surabaya). ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(12), 1439–1445. https://doi.org/10.55681/armada.v1i12.1088