PEMASARAN OFFLINE GULA AREN DI KABUPATEN KERINCI

Authors

  • Nurfitri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Nusantara Sakti Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.802

Keywords:

Pemasaran Offline, Gula Aren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu bentuk pemasaran offline gula aren di kabupaten Kerinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gula aren memiliki kekuatan yaitu kualitas produk yang dihasilkan baik, memiliki ketersediaan bahan baku, sedangkan kelemahannya yaitu kemasan produk yang dihasilkan menggunakan daun pisang dan kurang menarik, belum memiliki merek dan label produk, belum optimalnya promosi yang dilakukan, saluran distribusi yang panjang dan kurangnya sumber informasi harga. Strategi yang diterapkan dalam memasarkan industri rumahan ini memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran offline yang dilakukan oleh dosen STIA Nusa di Sungai Penuh dan mahasiswa KKN di Desa Air Terjun dengan judul "Pemasaran Offline Gula Aren di Kabupaten Kerinci" dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan ini membuahkan beberapa hasil baru yaitu pemasaran gula aren baru sudah masuk ke minimarket di wilayah Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, mahasiswa membantu mengkonsultasikan masalah ini ke dinas terkait dan promosi yang dilakukan di depan umum membuahkan hasil yang positif. Kegiatan ini menargetkan seluruh masyarakat mengetahui bahwa produksi gula aren di Kabupaten Kerinci memiliki kualitas yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hariana, dkk. 2021. Peran Mahasiswa KKN dalam Melaksanakan Kegiatan Tambahan di Lokasi Pengabdian Desa Botuwombato. JAT. 1 (1): 10-16

Yudiana, K.N dan Fitria, A.L. 2019. Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Cibanteng. ABDI DOSEN “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat”. 3 (4): 401-407

ZA, S. Z., Luthfiyyati, N. A., Monica, H. R., Berlianti, F. S. A., Putri, D. A. E., & Apriliansyah, A.-Z. F. (2023). PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN INOVASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BORNEO KOFI DI KOTA SAMARINDA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 645–649. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.568

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Nurfitri, N. (2023). PEMASARAN OFFLINE GULA AREN DI KABUPATEN KERINCI. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 885–888. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.802