PENGENALAN ASEAN TERHADAP SISWA TINGKAT SD-SMP MELALUI GAME

Authors

  • Ananda Dewin Ikhtiarin Universitas Respati Yogyakarta
  • Yeyen Subandi Universitas Respati Yogyakarta
  • Diansari Solihah Amini Universitas Respati Yogyakarta
  • Tanti Nurgiyanti Universitas Respati Yogyakarta
  • Bagus Subekti Nuswantoro Universitas Respati Yogyakarta
  • Harits Dwi Wiratma Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.80

Keywords:

ASEAN, Sumber Daya Manusia, Game, SD, SMP

Abstract

Pengenalan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dalam studi Hubungan Internasional bisa dikatakan dalam studi kawasan. Pengenalan ASEAN terhadap Siswa Tingkat SD-SMP merupakan kegiatan edukasi yang mendidik, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui “game” atau permainan. Kegiatan ini berfokus pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang disesuaikan dengan persoalan yang ada yaitu kurang dimanfaatkannya dengan baik mengenai waktu luang yang dimiliki oleh anak-anak di Padukuhan Plesedan, Kalurahan Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Kegiatan dilakukan dengan metode observasi dan praktik lapangan. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat “Pengenalan ASEAN terhadap Siswa Tingkat SD-SMP melalui Game” berjalan dengan lancar dengan kerjasama dari pihak karang taruna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ikhtiarin, Ananda Dewin, dkk. 2022. “Pengembangan SDM di Padukuhan Plesedan”. Hasil Wawancara: 24 September 2022. Rumah Kepala Dukuh Plesedan. (Narasumber : Pak Nanang dan Ibu Galih).

Ashadi, Firman. “Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pembelajaran Fisika 4, no. 5 (2016): 1. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4244.

Batukandik. “Karang Taruna.” Batukandik. https://batukandik.desa.id/opensid/first/artikel/64.

Yola Sania. “Sanksi Bagi Perusahaan Yang Mempekerjakan Anak Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenakerjaan Dan Perspektif Hukum Islam,” 2020. http://repository.radenfatah.ac.id/7827/.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Ikhtiarin, A. D., Yeyen Subandi, Diansari Solihah Amini, Tanti Nurgiyanti, Bagus Subekti Nuswantoro, & Harits Dwi Wiratma. (2022). PENGENALAN ASEAN TERHADAP SISWA TINGKAT SD-SMP MELALUI GAME. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 126–130. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.80