PELATIHAN PENGEDITAN KONTEN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN CANVA BAGI PELAKU USAHA EKONOMI KREATIF DESA PENGKOK KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Authors

  • Yuliani Indrianingsih ITD Adisutjipto
  • Asih Pujiastuti ITD Adisutjipto
  • Anggraini Kusumaningrum ITD Adisutjipto

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.277

Keywords:

Usaha Ekonomi Kreatif, Desa Pengkok, Konten Produk, Canva

Abstract

Wabah virus corona 19 telah membawa dampak yang besar dalam bidang ekonomi hingga ke pelosok desa di seluruh Indonesia, salah satunya Desa Pengkok Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi rakyat yang bekerja di sektor informal tentu sangat berat dampak yang dirasakannya. Beberapa yang memiliki kemampuan lebih dapat membuat produk dalam ruang lingkup ekonomi kreatif, bagi yang tidak butuh peningkatan sumber daya manusia sehingga dapat membuat produk. Produk yang dihasilkan tentu harus segera dipasarkan. Cara pemasaran menggunakan media sosial sangat efektif dan efisien bagi mereka. Hanya kemampuan dalam membuat konten yang mengisi media sosial tersebut perlu dtingkatkan melalui pendampingan pelatihan editing video menggunakan aplikasi canva yang dapat dengan mudah diunduh melalui smartphone yang dimilikinya. Para pelaku usaha ekonomi kreatif di Desa Pengkok Patuk Gunungkidul dapat mengetahui dan memahami editing konten produk menggunakan Canva. 71,67% pelaku usaha ekonomi kreatif di Desa Pengkok Patuk Gunungkidul dapat melakukan editing konten produk menggunakan Canva. Secara keseluruhan prosentase kepuasan peserta pelatihan editing konten produk menggunakan Canva sebesar 81,48%

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Nurhayati and Wolff, “Smartphone users in Indonesia 2017-2026,” statista.com. 2021.

M. P. Lukaszuk, A. Urzędowski, N. A. Zwiększanie, and Z. W. Mediach, “THE Impact Of Digital Photography Processing In Mobile Applications On The Quality Of Reach In Sosial Media,” Iapgos, vol. 4, pp. 73–76, 2020.

H. Agrawal and S. Agrawal, “Impact of Sosial Media and Photo-Editing Practice on Seeking Cosmetic Dermatology Care,” Clin. Cosmet. Investig. Dermatol., vol. 14, pp. 1377–1385, 2021.

S. Shekhar et al., “Interactive Photo Editing on Smartphones via Intrinsic Decomposition,” Comput. Graph. Forum, vol. 40, no. 2, 2021.

E. Efendi et al., “Meningkatkan perekonomian masyarakat di masa new normal melalui kegiatan ekonomi kreatif usaha dengan memanfaatkan media online,” J. Pembelajaran Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 259–264, 2020.

U. Mauidzoh, “Pengembangan Industri Kreatif di Panti Asuhan Miftahunnajah Banguntapan Bantul Yogyakarta Berupa Pendampingan Pemasaran Produk Kreatif dari Bahan Limbah Konveksi Kain Perca,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 1, no. 1, pp. 29–32, 2018.

Y. Zabidi, “Pengembangan Industri Kreatif di Panti Asuhan Miftahunnajah Banguntapan Bantul Yogyakarta Berupa Pendampingan Pembuatan Produk Kreatif dari Bahan Limbah Konveksi ( Kain Perca ),” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 1, no. 1, pp. 33–38, 2018.

Y. V. Y. Sinaga, “PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PELAKU UMKM DI KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL,” Naskah Publ. Progr. Stud. Akunt., 2020.

Sudaryanto, H. Sajati, A. Kusumaningrum, D. Nugraheny, S. Aryanto, and H. Wintolo, “PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN INSTAGRAM BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN PATUK GUNUNGKIDUL,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 1, pp. 61–68, 2020.

N. D. Retnowati, Y. Indrianingsih, and A. S. Honggowibowo, “PEMANFAATAN ENDORSE DAN HASHTAG UNTUK PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN INSTAGRAM PADA UMKM DI KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 1, pp. 69–80, 2020.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Indrianingsih, Y., Pujiastuti, A., & Kusumaningrum, A. (2023). PELATIHAN PENGEDITAN KONTEN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN CANVA BAGI PELAKU USAHA EKONOMI KREATIF DESA PENGKOK KABUPATEN GUNUNGKIDUL. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 101–107. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.277