PENERAPAN STRATEGI PROMOSI ATAU MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA MEDIA DIGITAL/ONLINE DI CAFFEIN
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.255Keywords:
UMKM, Promosi, Brosur Online, Giveaway, UpdateAbstract
Usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM sebagai salah satu pendukung perekonomian nasional.UMKM membuka lapangan pekerjaan. Proyek ini dilakukan pada UMKM Caffein yang berada di Kota Dumai. Permasalahan yang terjadi pada UMKM Caffein ini adalah kurangnya promosi penjualan dan belum mencapai target yang sesuai. Penjualan pada UMKM ini mengalami kenaikan dan penurunan penjualan atau tidak stabil. Ruang lingkup dalam proyek ini adalah membuat strategi promosi. Adanya strategi promosi yang benar, UMKM Caffein akan dikenal oleh banyak orang. Promosi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan membuat brosur online, mengadakan giveaway, dan media sosial instagram yang selalu update. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membantu meningkatkan penjualan UMKM dan meningkatkan pelanggan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu memudahkan pelanggan dalam mengetahui menu dengan menggunakan barcode yang tertera dibrosur online instagram Caffein, bertambahnya jumlah pelanggan, dan feedback yang diterima menunjukkan terdapat pelayanan yang bagus
Downloads
References
Azizah, S., & Prasetio, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Di Instagram, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kanz Coffee & Eatery). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 348–359.
Barrett, D., & Twycross, A. (2018). Data collection in qualitative research. Evidence-Based Nursing, 21(3), 63–64. https://doi.org/10.1136/eb-2018-102939
Hanggraeni, D., Šlusarczyk, B., Sulung, L. A. K., & Subroto, A. (2019). The impact of internal, external and enterprise risk management on the performance of micro, small and medium enterprises. Sustainability (Switzerland), 11(7). https://doi.org/10.3390/su10022172
Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729
Ilhami, M. R., Abbas, E. W., Mutiani, Jumriani, & Rusmaniah. (2022). The Social Values of the Banjar People in Traditional Markets. The Innovation of Social Studies Journal, 4(September), 71–83.
Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
Ramaputra, M. A., & Afifi, S. (2021). Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Usaha Foodies Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 16–35.
Sugiyanto, Putri R., A., & Kartolo, R. (2019). Potensi Kekayaan Intektual pada Pemberdayaan UMKM dan Koperasi Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Humanis, 502–520.
Zharfaningrum, D., Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., & Waris, A. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Online di Instagram : Perspektif Promosi, Kemudaham, Kualitas Informasi dan Kepercayaan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 169–178. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb