PENERAPAN STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA DIGITAL PADA HONG LIN
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.254Keywords:
Bisnis, Strategi Promosi, Pemasaran Digital, UMKMAbstract
Persaingan bisnis di era globalisasi sekarang semakin hari semakin meningkat, dimana para pemilik bisnis melakukan berbagai aktivitas dengan menyediakan produk atau layanan jasa yang sama yang ditargetkan untuk audiens yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan serta memperluas jangkauan pasar dibandingkan kompetitor lainnya. Tujuan dilakukan pelaksanaan kerja praktek pada Hong Lin adalah untuk membantu mitra dalam mmenyusun strategi promosi pemasaran melalui media digital guna untuk meningkatkan brand serta volume penjualan mitra. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari observasi membuktikan bahwa masih kurangnya promosi terhadap produk yang ditawarkan mitra maka dari itu perancangan luaran kegiatan yang dibuat penulis adalah merancang desain brosur atau poster online, menu, voucher diskon, video serta tampilan feeds media sosial mitra yang kemudian akan di promosikan melalui media sosial penulis dan orang sekitar agar Hong Lin dapat lebih dikenal oleh kalangan masyarakat luas dan tertarik untuk menggunakan produk dari mitra. Pemilik usaha diharapkan dapat terus melakukan promosi secara berkala dan konsisten, sering mengikuti acara bazar makanan, mengadakan giveaway, serta memberikan voucher terhadap pelanggan setia untuk dapat meningkatkan jumlah penjualan
Downloads
References
Christina, I. D., Fenni, & Roselina, D. (2019). Digital Marketing Strategy In Promoting Product. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(4), 60. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2019-4/10-05
Desai, V. (2019). Digital Marketing: A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Special Is(Special Issue-FIIIIPM2019), 196–200. https://doi.org/10.31142/ijtsrd23100
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Mardhiyah, A., & Safrin, F. A. (2021). Persaingan Usaha Warung Tradisional dengan Toko Modern. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5454
Maria, S., Pusriadi, T., & Darma, D. (2020). The Effect of Social Media Marketing, Word of Mouth, and Effectiveness of Advertising on Brand Awareness and Intention to Buy. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(2), 107–122. https://doi.org/10.18502/kss.v4i3.6373
Olalekan, S. O., Joshua, A. A., & Oluyinka, S. (2020). Introduction to Business Management.
Ratnadianti, A., Fahmi, I., & Hannan, S. (2020). Digital Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises for Snack in Bogor City. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 17(1), 74–85. https://doi.org/10.17358/jma.17.1.74
Sondak, S. H., Taroreh, R. N., & Uhing, Y. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 671–680.
Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers With Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.94-103