MEMBANGUN KEBIASAAN MEMBACA ANAK DENGAN METODE MEMBACA 20 MENIT DI DESA WAMBULU KECAMATAN KAPONTORI KABUPATEN BUTON
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.253Keywords:
Membaca, Metode Membaca 20 MenitAbstract
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan di Desa Wambulu ini adalah membantu anak-anak dalam membangun kebiasaan membaca sehingga dapat menguatkan kemampuan membaca mereka. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode membaca selama 20 menit yang dilakukan hampir setiap hari oleh anak-anak dengan didampingi oleh sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Buton. Kegiatan ini dilakukan sekitar selama sebulan di Desa Wambulu. Target yang menjadi harapan dari adanya kegiatan ini adalah anak-anak dapat membangun kebiasaan membaca yang pada akhirnya menjadi kebiasaan jangka panjang yang dilakukan secara mandiri dimana saja anak-anak tersebut berada. Pada akhir kegiatan ini, para pelaksana yaitu dosen dan mahasiswa mendonasikan buku-buku bacaan kepada anak-anak dan guru sebagai upaya mendukung penguatan kemampuan membaca anak-anak.
Downloads
References
Gardiner, S. (2005). Building Student Literacy Through Sustained Silent Reading. USA: Ascd.
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan. 5(2). 352-376.
Putri, D, N. (2019). Cobalah Membaca Selama 15 Sampai 20 Menit Sebelum Beraktivitas Dan Rasakan 6 Manfaatnya. https://health.grid.id/amp/351970015/cobalah-membaca-selama-15-sampai-20-menit-sebelum-beraktivitas-dan-rasakan-6-manfaatnya?page=all (Diakses 5 Oktober 2022)
Susilowati, S. (2016). Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku Informasi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru: “COPE” 1(XX).
Tantri, A, AS. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acrya Pustaka. 2(1).
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. https:// scholar.archive.org/ (Diakses 28 Desember 22)