PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GARUT

Authors

  • Ely Satiyasih Rosali Universitas Siliwangi
  • Ati Sadiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
  • Darwis Darmawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
  • Mega Prani Ningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.242

Keywords:

Pelatihan, Model Pembelajaran Inovatif, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) atau sering disingkat dengan PTK adalah penelitian yang dilakukan dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari sebuah proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di sekolah. Berdasarkan survei internal yang dilakukan terhadap beberapa guru diberbagai sekolah di lingkungan Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut diketahui ada beberapa kendala dalam melaksanakan kegiatan PTK. Ini berdampak pada tidak tepatnya guru dalam memenuhi angka kredit yang salah satunya dipenuhi melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pengembangan yang terdiri dari: analisis situasi, tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Hasil kegiatan yang dilakukan secara luring adalah guru memiliki penyegaran pengetahuan terkait dengan PAK (Pencapaian Angka Kredit) guru Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Inovatif. Guru juga mendapatkan penguatan secara daring mengenai penyusunan artikel ilmiah dan pembuatan modul pembelajaran berbasis mobile learning. Dengan demikian pencapaian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk menunjang pengajuan angka kredit bagi guru dapat dilakukan sesuai prosedur yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Fitria, H., Kristiawan, M., Rahmat, N., Jend Ahmad Yani, J., Gotong Royong, L., Palembang, K., … PGRI Palembang Jl Jend Ahmad Yani, U. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Abdimas Unwahas (Vol. 4).

JDIH BPK RI. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved 31 October 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

JDIH BPK RI. (2005). UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Retrieved 31 October 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

JDIH BPK RI. (2008). PP No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. Retrieved 31 October 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4892/pp-no-74-tahun-2008

Nappu, S., Dewi, R., Daddi, H., & Pendidikan Bahasa Inggris, J. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Dedikasi, 21(1).

Nikat, R. F., & Sumanik, N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan E-Modul Terintegrasi Media Pembelajaran Untuk Menunjang Kompetensi Inovatif Guru Di SMPN 3 Merauke. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 273–282. Retrieved from https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.54

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Rosali, E. S., Sadiah, A., Darmawan, D., & Ningsih, M. P. (2023). PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GARUT. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.242